TikTok Shop Dibuka Kembali, Kementerian BUMN Tegas Minta Prioritaskan Produk UMKM

TikTok Shop Dibuka Kembali, Kementerian BUMN Tegas Minta Prioritaskan Produk UMKM

TikTok Shop Dibuka Kembali, Kementerian BUMN Tegas Minta Prioritaskan Produk UMKM /---istimewah

TikTok Shop Dibuka Kembali, Kementerian BUMN Tegas Minta Prioritaskan Produk UMKM 

RK ONLINE - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menekankan pada TikTok Shop yang bakal kembali hadir di Indonesia untuk memberi fokus pada produk-produk UMKM.

 

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, seiring dengan kabar mengenai rencana kehadiran layanan dari ByteDance Ltd di tanah air.

 

Menurut Loto, dalam pertemuan pada November 2023 dengan pihak TikTok, sudah ditegaskan bahwa produk UMKM di Indonesia tidak kurang. Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan produk-produk dari para pelaku UMKM.

BACA JUGA:TikTok Shop Hadir Kembali, Kemendag: Belum Menerima Permohonan Resmi

TikTok Shop sebelumnya resmi menutup layanannya pada 4 Oktober 2023. Namun, dua bulan setelah penutupan layanan, terdengar kabar bahwa TikTok sedang mempertimbangkan investasi dalam PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

 

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM KemenKop UKM, Temmy Satya Permana, mengonfirmasi rencana kembalinya TikTok Shop. Dia menyatakan bahwa TikTok Shop akan beroperasi sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.

 

"Dari informasi yang saya terima dari TikTok, mereka akan kembali dan kali ini akan patuh dengan regulasi di Indonesia," ujar Temmy.

 

Adapun rencana TikTok untuk kembali tidak menutup kemungkinan pembentukan badan usaha atau PT baru. Rencananya, TikTok Shop akan bermitra dengan salah satu platform e-commerce lokal.

Sumber: