Penelitian Terbaru: Mana yang Lebih Penting Sarapan Pagi atau Olahraga Pagi?

Penelitian Terbaru: Mana yang Lebih Penting Sarapan Pagi atau Olahraga Pagi?

Penelitian Terbaru: Mana yang Lebih Penting Sarapan Pagi atau Olahraga Pagi?/---www.freepik.com

Penelitian Terbaru: Mana yang Lebih Penting Sarapan Pagi atau Olahraga Pagi?

RK ONLINE - Sebuah pertanyaan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari adalah apakah lebih baik sarapan pagi atau melakukan olahraga pagi terlebih dahulu? Sebuah penelitian terbaru berusaha menjawab pertanyaan ini untuk membantu individu membuat keputusan yang lebih sehat dalam rutinitas mereka.

 

Sebagian orang percaya bahwa sarapan pagi adalah kunci untuk memulai hari dengan energi yang cukup, sementara yang lain lebih memilih untuk mengawali hari dengan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Namun, penelitian ini membawa pandangan yang lebih terperinci terkait dampak kedua aktivitas ini.

BACA JUGA:Makanan dan Menu Sarapan Ini Efektif Meningkatkan Berat Badan

Menurut para ahli dari Institut Kesehatan Global, sebuah studi klinis dilakukan selama 6 bulan terhadap dua kelompok berbeda. Kelompok pertama melakukan rutinitas sarapan pagi yang sehat, sementara kelompok kedua fokus pada olahraga pagi tanpa sarapan terlebih dahulu.

 

Hasilnya mengejutkan: meskipun kedua kelompok menunjukkan peningkatan dalam aspek kesehatan mereka, kelompok yang melakukan sarapan pagi memiliki peningkatan kestabilan gula darah dan konsentrasi yang lebih baik di pagi hari dibandingkan dengan yang fokus pada olahraga pagi terlebih dahulu.

 

Dr. Amanda Lee, salah satu peneliti dalam studi ini, menjelaskan bahwa meskipun olahraga pagi memiliki manfaatnya sendiri dalam meningkatkan metabolisme dan kebugaran fisik, sarapan pagi memberikan bahan bakar yang dibutuhkan oleh otak dan tubuh untuk memulai aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

BACA JUGA:Selain Kelaparan, Ternyata Ini yang Terjadi Jika Tubuh Tidak Diberi Sarapan Pagi Hari

Namun, para peneliti juga menekankan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda. Hal ini tentunya memerlukan penyesuaian tergantung pada gaya hidup, kebiasaan makan, dan tujuan kesehatan seseorang.

 

Kesimpulannya, baik sarapan pagi maupun olahraga pagi memiliki manfaatnya masing-masing. Namun, berdasarkan penelitian ini, sarapan pagi mungkin menjadi langkah yang lebih bermanfaat dalam mempersiapkan tubuh dan otak untuk aktivitas harian.

Sumber: