Di Luar Negeri, Gubernur BI Bangga Bisa Beli Durian Menggunakan QRIS Indonesia

Di Luar Negeri, Gubernur BI Bangga Bisa Beli Durian Menggunakan QRIS Indonesia

Di Luar Negeri, Gubernur BI Bangga Bisa Beli Durian Menggunakan QRIS Indonesia/---disway.id

Di Luar Negeri, Gubernur BI Bangga Bisa Beli Durian Menggunakan QRIS Indonesia

RK ONLINE - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo baru-baru ini memamerkan kemampuan untuk melakukan pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Singapura.

 

Dalam video yang diunggah di akun Instagram BI, @bank_indonesia pada Minggu 19 November 2023 tersebut, Perry terlihat melakukan pembayaran dengan memindai QRIS di salah satu kedai durian di daerah Dempsey. 

 

"Saya sedang ada di Dempsey, mau beli durian. Ini saya mau tunjukkan kalau dengan menggunakan QRIS, bisa belanja apa saja di Singapura. Termasuk, beli durian," ujarnya dengan antusias.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Ketua KONI Kepahiang Ditetapkan Tersangka Korupsi Dana Hibah!

Pada tanggal 17 November 2023, otoritas moneter Indonesia dan Singapura secara resmi setuju untuk mengimplementasikan interkoneksi pembayaran QR lintas negara.

 

Implementasi ini memungkinkan pengguna lembaga keuangan yang berpartisipasi untuk melakukan pembayaran ritel lintas negara. Pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi pembayaran yang dimilikinya, memindai QRIS atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh pedagang, baik di Indonesia maupun Singapura.

 

Pada saat peluncuran, Perry menyampaikan harapannya bahwa QR lintas batas dapat mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA:Rapat Paripurna PAW Anggota DPRD Kepahiang Dihadiri Tamu Tak Diundang, Siapa?

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara-negara anggota ASEAN dalam kerja sama konektivitas Pembayaran Regional dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

Sumber: