CEK FAKTA: Benarkah Makan Durian Bisa Menyebabkan Rasa Kenyangan Lebih Lama?

CEK FAKTA: Benarkah Makan Durian Bisa Menyebabkan Rasa Kenyangan Lebih Lama?

CEK FAKTA: Benarkah Makan Durian Bisa Menyebabkan Rasa Kenyangan Lebih Lama?/---freepik.com

CEK FAKTA: Benarkah Makan Durian Bisa Menyebabkan Rasa Kenyangan Lebih Lama?

RK ONLINE - Makan durian adalah pengalaman yang sangat khas dan memuaskan bagi banyak orang, terutama yang menyukai buah beraroma kuat ini. Selain rasa yang lezat, muncul juga mitos bahwa Makan durian dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tetapi apakah benar durian memiliki sifat unik ini?

 

Nutrisi dalam Durian

Untuk memahami apakah durian bisa membuat Anda kenyang lebih lama, kita perlu melihat kandungan nutrisinya. Durian mengandung karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Kandungan lemak dalam durian cukup tinggi, meskipun sebagian besar adalah lemak tak jenuh ganda yang sehat.

BACA JUGA:Makan Buah Manggis Setelah Mengkonsumsi Buah Durian Bisa Menyebabkan Kematian, Mitos dan Fakta?

Kandungan serat dalam durian juga relatif tinggi. Serat adalah salah satu faktor penting yang dapat memberikan rasa kenyang. Saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti durian, perut Anda akan merasa lebih penuh dan kenyang.

 

Keasaman dan Rasa Manis

Selain serat dan lemak, rasa unik durian juga dapat mempengaruhi perasaan kenyang. Durian memiliki rasa yang kuat dan kaya akan nuansa manis dan asam. Beberapa orang berpendapat bahwa rasa manis alami durian dapat memberikan kepuasan yang cukup dan membantu mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

 

Glikemik Rendah

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi rasa kenyang adalah indeks glikemik (IG) suatu makanan. Durian memiliki IG yang relatif rendah, yang berarti bahwa karbohidratnya diserap perlahan oleh tubuh. Makanan dengan IG rendah cenderung memberikan rasa kenyang lebih lama karena tingkat gula dalam darah tetap stabil.

BACA JUGA:Buah Durian Jangan Dikombinasikan, Berikut Ini 8 Pantangan Setelah Mengkonsumsi Buah Durian

Sumber: