Siap-Siap Besok Seluruh APK Caleg Ditertibkan Bawaslu Kepahiang, Mirzan: Terpaksa!

Siap-Siap Besok Seluruh APK Caleg Ditertibkan Bawaslu Kepahiang, Mirzan: Terpaksa!

Bawaslu Kepahiang susun rencana penertiban APK Caleg di Kabupaten Kepahiang--Radarkepahiang.id

Siap-Siap Besok Seluruh APK Caleg Ditertibkan Bawaslu Kepahiang, Mirzan: Terpaksa!

RK ONLINE - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kepahiang memastikan jika dalam waktu dekat ini, semua Alat Peraga Kampanye atau APK Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Kepahiang bakal ditertibkan. Ini disampaikan Bawaslu Kepahiang berdasarkan hasil kesempatan Rakor bersama sejumlah stakeholder, Senin 6 November 2023.

BACA JUGA:ASN Wajib Tahu, Berikut Ini Perubahan Hak-Hak PNS dan PPPK Dalam UU ASN Terbaru

Dalam Rakor ini, Bawaslu Kepahiang membahas terkait rencana penertiban APK Caleg yang sebelumnya diketahui sudah bertebaran di Kabupaten Kepahiang. Seperti yang diketahui bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini, sudah ada banyak Caleg yang melakukan pemasangan APK seperti baliho dan stiker. Padahal sebelumnya sudah diingatkan Bawaslu Kepahiang untuk tidak melakukannya sampai batas waktu yang ditentukan.

 

Ketua Bawaslu Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos mengatakan jika berdasarkan hasil Rakor bersama stakeholder, kegiatan penertiban ini sudah terjadwal dan jika memang tidak mengalami kendala atau perubahan, penertiban APK Caleg ini akan mulai dilaksanakan besok, Selasa 7 November 2023.

BACA JUGA:5 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Diantaranya Kendalikan Kadar Gula dan Atasi Infeksi!

Mirzan juga mengakui kalau saat ini, para Caleg masih memiliki waktu untuk melakukan pembongkaran terhadap masing-masing APK. Tapi jika sampai besok APK masih ada dan tetap berdiri kokoh, Bawaslu Kepahiang memastikan akan langsung melakukan penertiban baik atas dasar persetujuan ataupun tanpa persetujuan Caleg yang bersangkutan. 

 

"Besok kami ada rencana penertiban APK Caleg, karena memang belum saatnya untuk berkampanye. Masih ada waktu jika memang ingin menertibkannya sendiri. Namun jika sampai besok masih ada, terpaksa kami yang tertibkan," ujar Mirzan.

 

Penertiban APK Celg ini sendiri akan dilakukan Bawaslu Kepahiang bersama dengan sejumlah stakeholder terkait. Diantaranya meliputi TNI/Polri, Satpol PP PBK dan juga beberapa instansi terkait lainnya.

 

"Kami tidak akan pandang bulu, APK milik siapa saja yang tidak taat aturan akan kami tertibkan," lanjutnya.

Sumber: