SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya

SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya

SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya/---Snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

- Memberikan peluang kepada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru dengan prestasi akademik tinggi.

BACA JUGA:SNBP 2024 Segera Dibuka, Ini Daftar 20 PTN Dengan Penerimaan Peserta Terbanyak

Syarat Mengikuti SNBP

Untuk bisa mengikuti SNBP, terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi. Berikut beberapa persyaratan SNBP yang dilansir dari laman Politeknik Negeri Bandung (Polban):

 

- Menggunakan rapor dari semester 1 hingga semester 5 bagi siswa SMA/SMK/MA yang memiliki masa belajar tiga tahun. Bagi siswa SMK yang memiliki masa belajar empat tahun, rapor yang digunakan adalah dari semester 1 hingga semester 7.

- Menyertakan portofolio akademik dan non-akademik, di mana yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.

- Siswa dari keluarga ekonomi lemah harus memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

- Sekolah yang mendaftarkan siswanya untuk SNBP harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa yang memenuhi syarat di Pangkalan Data - Sekolah dan Siswa (PDSS) secara lengkap dan benar.

- Memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

- Proses pengelolaan dan pengolahan data seleksi jalur SNBP dilakukan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB-BPPP). - Peserta SNBP tidak dikenakan biaya, karena semua biaya ditanggung oleh pemerintah. Penerima KIP Kuliah tidak diizinkan pindah Program Studi.

 

Perbedaan dengan SNMPTN

BACA JUGA:Tanpa Tes! Pendaftaran SNBP PTN 2023 Resmi Dibuka Hari Ini

SNBP mulai menggantikan SNMPTN pada tahun 2023. Meskipun keduanya merupakan jalur seleksi berbasis prestasi, terdapat beberapa perbedaan penting di antara keduanya, seperti:

Sumber: