SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya

SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya

SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya/---Snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

SIMAK! Berikut Ini Penjelasan Lengkap Apa Itu SNBP dan Cara Mengikutinya

RK ONLINE - SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi 2024 adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa. Jalur ini menggantikan sistem sebelumnya yang dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Untuk memahami lebih lanjut mengenai SNBP, mari simak penjelasan lengkap mengenai definisi, tujuan, syarat, dan perbedaannya dengan SNMPTN.

 

Pengertian SNBP

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau disingkat SNBP merupakan metode seleksi untuk masuk perguruan tinggi yang menggantikan SNMPTN. 

BACA JUGA:Sebentar Lagi Dibuka, Simak Informasi Kuota Sekolah SNBP 2024, Berikut Syarat dan Kriterianya!

Secara teknis SNBP mendasarkan penilaiannya pada hasil penelusuran prestasi akademik melalui rapor, serta mempertimbangkan portofolio akademik dan non-akademik siswa.

 

Bagi yang ingin mengikuti SNBP dapat mengikuti dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Selain SNBP, terdapat dua jalur lain, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

 

Tujuan SNBP

Tujuan dibuatnya sistem SNBP adalah sebagai berikut:

 

- Memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA dengan prestasi akademik yang unggul, baik di dalam maupun di luar negeri (Sekolah Republik Indonesia), untuk masuk ke PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN tanpa melalui ujian masuk.

Sumber: