Peserta Seleksi CASN Wajib Simak, Begini Penjelasan BKN Terkait Modus Penipuan CASN 2023

Peserta Seleksi CASN Wajib Simak, Begini Penjelasan BKN Terkait Modus Penipuan CASN 2023

Peserta Seleksi CASN Wajib Simak, Begini Penjelasan BKN Terkait Modus Penipuan CASN 2023/--instagram/@bkngoidofficial-

Peserta Seleksi CASN Wajib Simak, Begini Penjelasan BKN Terkait Modus Penipuan CASN 2023

RK ONLINE - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan peringatan keras kepada peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mengiming-imingi kelulusan tanpa melalui proses seleksi yang sah.

 

Plt Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menekankan pentingnya untuk tidak tergoda oleh janji palsu yang menjanjikan kelulusan tanpa melalui proses seleksi.

"Tindakan oknum seleksi seperti ini dapat dicegah selama pelamar tidak tergiur janji palsu yang mengklaim bisa meloloskan," ujarnya.

BACA JUGA:Jangan Asal Sanggah, Berikut Ini Contoh Kalimat Sanggah CPNS 2023 yang Realistis dan Meyakinkan

BKN telah mendapati sejumlah surat palsu atau hoaks yang beredar terkait pengangkatan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Surat pengangkatan palsu ini merupakan upaya penipu untuk meyakinkan calon korban. Agar terhindar dari penipuan semacam ini, BKN meminta peserta seleksi untuk selalu memeriksa keaslian surat yang diterima dari BKN.

 

Peserta dapat melakukan pengecekan dengan memindai kode QR yang terdapat pada surat BKN tersebut. Jika surat tersebut asli, maka peserta akan diarahkan ke file asli yang terdapat di laman resmi BKN, yaitu ds.bkn.go.id.

 

Haryomo Dwi Putranto juga memperingatkan peserta seleksi untuk tidak tergoda oleh tawaran menjadi ASN secara instan, baik dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

BACA JUGA:Tahukah Kamu Penarikan Data Final Dalam Tahapan Seleksi Rekrutmen CASN 2023, Ini Penjelasannya!

Ia menekankan bahwa penipuan sering terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku, melainkan juga karena masih ada masyarakat yang berani menggunakan jasa tersebut dengan harapan bisa menjadi ASN tanpa harus mengikuti seleksi resmi. 

 

Sumber: