UU ASN 2023 Bawa Perubahan Sistem Rekrutmen CPNS dan PPPK di Indonesia, Kapan Mulai Berlaku?

UU ASN 2023 Bawa Perubahan Sistem Rekrutmen CPNS dan PPPK di Indonesia, Kapan Mulai Berlaku?

UU ASN 2023 Bawa Perubahan Sistem Rekrutmen CPNS dan PPPK di Indonesia, Kapan Mulai Berlaku?/---www.jawapos.com

 

Dilansir dari laman resmi www.menpan.go.id, Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, menjelaskan bahwa dengan sistem rekrutmen yang baru, instansi bisa mengajukan permintaan formasi ketika ada jabatan yang kosong karena pegawai pensiun, mutasi, meninggal dunia, atau mengundurkan diri

 

"Metode dan tahapan rekrutmen, seperti seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, seleksi kompetensi bidang, tidak diatur secara kaku. Hal ini untuk memudahkan kita merekrut tenaga profesional yang telah memiliki pengalaman unggul di bidangnya," ujarnya Aba Subagja.

BACA JUGA:Fleksibilitas Baru, Kebijakan Rekrutmen CPNS yang Lebih Efisien

Dalam konteks seleksi PPPK Guru, Prof. Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan bahwa seleksi PPPK Guru 2023 adalah putaran terakhir yang menggunakan sistem lama. Setelah seleksi ini, perekrutan menggunakan sistem baru akan diberlakukan pada tahun 2024. 

 

"Sisa guru yang lulus Pendidikan Guru (PG) namun belum mendapatkan penempatan pada tahun 2021 dan 2022 akan kami upayakan selesaikan tahun ini. Jika masih ada sisanya, maka mereka akan direkrut menggunakan mekanisme baru yang ditawarkan oleh Menteri Nadiem Makarim," kata Nunuk.

 

Jadi, setelah proses seleksi PPPK Guru 2023 ini berakhir, seleksi PPPK Guru tahun 2024 akan menggunakan sistem baru yang akan dibuat oleh Kemendikbudristek.

Prof. Nunuk Suryani juga menyatakan bahwa program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan harus tetap berjalan karena dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengisi formasi kekosongan guru di masa depan. 

BACA JUGA:Data BKN Catat 1.523 Peserta Lolos Seleksi Administrasi PPPK Teknis 2023, Cek Namamu Segera!

Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan adalah upaya pemerintah untuk melahirkan generasi guru baru di Indonesia dengan berbagai keahlian.

Keberlanjutan program ini dianggap penting dalam mengatasi kekurangan guru di seluruh bidang keahlian. Keputusan akhir apakah sistem baru seleksi CPNS dan PPPK dapat diterapkan pada tahun 2024 atau mungkin akan ditunda hingga tahun 2025 masih menunggu kebijakan pemerintah.

Sumber: