Petani Sumringah! Bisa Pinjam Dana KUR Pertanian Limit Rp100.000.000 Diberi Keringanan Pemerintah

Petani Sumringah! Bisa Pinjam Dana KUR Pertanian Limit Rp100.000.000 Diberi Keringanan Pemerintah

Dengan limit Rp100.000.000 pemerintah berikan keringanan pinjaman dana KUR Pertanian/Foto: Ilustrasi--Istimewah

Petani Sumringah! Pinjam Dana KUR Pertanian Limit Rp100.000.000 Diberi Keringanan Pemerintah

RK ONLINE - Khusus limit Rp100.000.000, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI akhirnya memberikan keringanan pinjaman dana KUR Pertanian. Hal ini sejalan dengan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang saat ini sedang berupaya untuk mengakselerasi penyaluran dana KUR Pertanian agar lebih efisien. 

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS BIN 2023 Untuk Lulusan SMA Badan Intelijen Negara Ditutup Hari Ini, Catat Larangannya!

Pemerintah saat ini melakukan perubahan kebijakan untuk pembebasan jumlah akses Dana KUR Pertanian bagi para petani di seluruh Indonesia. Selain itu, tidak ada penerapan bunga berjenjang bagi debitur Dana KUR Pertanian dengan limit Rp100.000.000 juta.

 

Berikut ini sederet kebijakan pemerintah terkait Dana KUR Pertanian yang berhasil dirangkum Radarkepahiang.id dari berbagai sumber terpercaya.

Menurut Airlangga, terdapat sejumlah perubahan kebijakan lainnya yang akannditerapkan terhadap penyaluran Dana KUR. Salah satu perubahan yang dimaksud seperti, penambahan dan perubahan kriteria kredit investasi atau modal kerja komersial yang dikecualikan untuk dapat mengakses KUR. 

BACA JUGA:Cairkan Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Setiap Hari Menggunakan Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2023

Selain itu, ada penegasan ketentuan graduasi debitur KUR dengan plafon di bawah Rp10.000.000 yang mengakses Dana KUR kembali dengan besaran pinjaman di atas Rp10 juta, dikenakan bunga sebesar 6 persen.

 

"Realisasi Dana KUR Mikro (limit Rp100 juta) kepada debitur Dana KUR Pertanian yang memiliki lahan terbatas, menunjukkan perhatian pemerintah terhadap petani skala kecil yang membutuhkan akses pembiayaan murah sebagai modal produksi," ujar Airlangga saat menghadiri Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM di Jakarta belum lama ini.

BACA JUGA:Pinjaman Cepat Cair, Cukup Daftarkan Akun Saja Dana Pinjaman Langsung Cair!

Menurut Menko Perekonomian ini, peran pemerintah dalam hal ini sangatlah penting. Sebab para petani memang haruslah diberdayakan. Sehingga dengan menggandeng sejumlah bank mitra dalam penyaluran Dana KUR ini, diharapkan dapat mempermudah para petani untuk berkembang.

 

Sumber: