Termasuk 1,3 Hektar Lahan Milik Mantan Bupati Kepahiang, BPBD Catat 10 Kasus Karhutla!

Termasuk 1,3 Hektar Lahan Milik Mantan Bupati Kepahiang, BPBD Catat 10 Kasus Karhutla!

BPBD Kepahiang mencatat 10 kasus Karhutla 3 diantaranya lahan milik mantan bupati Kepahiang.--Istimewah

Termasuk 1,3 Hektar Lahan Milik Mantan Bupati Kepahiang, BPBD Catat 10 Kasus Karhutla!

RK ONLINE - Musim kemarau yang melanda Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, membuat jumlah kasus Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) terus bertambah. Bakan dari 10 kasus Karhutla yang terjadi, BPBD Kepahiang mencatat jika 3 diantaranya adalah lahan milik mantan Bupati Kepahiang, Drs. H. Bando Amin, C. Kader, MM.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Begini Cara Pelaku Curanmor Embat Motor Cleaning Service RSUD Kepahiang!

Plt. Kepala BPBD Kepahiang, Hendra, ST menerangkan kalau dalam 2 pekan terakhir ini, terdapat 10 kasus Karhutla yang terjadi di Kabupaten Kepahiang. Dari 10 kasus Karhutla ini, Hendra mengatakan jika 3 lahan yang hangus akibat Karhutla ini adalah lahan milik mantan bupati Kepahiang.

 

Adapun ketiga lahan milik mantan bupati Kepahiang ini terjadi di Desa Pagar Agung, Kecamatan Bermani Ilir pada 5 September dan 12 Spetember serta Karhutla di Desa Taba Air Pauh, Kecamatan Tebat Karai yang terjadi 8 September lalu.

 

"Iya sudah 10 kali Karhutla dalam 2 pekan ini. Berdasarkan data yang kami dapatkan, 3 diantaranya merupakan lahan milik mantan bupati Kepahiang," ujar Hendra.

BACA JUGA:CPNS BIN 2023 Buka 1000 Formasi, Simak Panduan Lengkap Pendaftaran CPNS BIN 2023

Lebih lanjut dikatakannya bahwa untuk 10 Karhutla ini, jika dijumlahkan totalnya setidaknya sudah 6 hektar lahan di Kabupaten Kepahiang yang terbakar akibat kasus Karhutla selama musim kemarau 2023 ini. Untuk lahan milik mantan bupati Kepahiang, totalnya sekitar seluas 1,3 hektar.

 

"Jika dijumlahkan sudah ada 6 hektar lahan yang hangus terbakar akibat Karhutla. Namun kalau yang untuk lahan milik mantan bupati, luasnya hanya 1,3 hektar saja," lanjutnya.

 

Sementara itu sebelumnya diberitakan bahwa hingga Sabtu 16 September 2023, Satpol PP PBK Kepahiang dan Polsek Bermani Ilir, Polres Kepahiang, Polda Bengkulu, mencatat ada 4 kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Kecamatan Bermani Ilir. Selain musim kemarau, kasus Karhutlah di Kecamatan Bermani Ilir terus bertambah karena minimnya kesadaran dan kewaspadaan dari oknum masyarakat.

Sumber: