Siap Bersaing, TGR Perkenalkan Mobil Sport GR Corolla Berpenampilan Gahar

Siap Bersaing, TGR Perkenalkan Mobil Sport GR Corolla Berpenampilan Gahar

TGR Perkenalkan Mobil Sport GR Corolla Berpenampilan Gahar/---id.motorsport.com

BACA JUGA:Tanda-Tanda V-Belt Mobil yang Harus Diganti

GR Corolla memiliki mesin turbo 1.618 cc 3-silinder dengan kode G16E-GTS, yang juga digunakan pada GR Yaris. Tim engineer TOYOTA GAZOO Racing (TGR) telah meningkatkan kinerja mesin ini hingga menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000-5.550 rpm. Dibandingkan dengan mesin GR Yaris yang menghasilkan 261 PS dan torsi 360 Nm, GR Corolla menghadirkan performa lebih tinggi.

 

Mobil ini dilengkapi dengan sistem GR-FOUR 4WD yang ditingkatkan agar sesuai dengan spesifikasi GR Corolla. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan kopling multi-plate elektronik yang memungkinkan pengaturan perbandingan daya antara roda depan dan belakang dalam tiga pilihan (Front:Rear) yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70. 

 

Torsen Slip Differential pada setiap as roda meningkatkan handling dan traksi, serta mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara. Transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif.

 

GR Corolla mencapai percepatan 0-100 km/jam dalam 5,3 detik dan memiliki kecepatan maksimal terbatas pada 230 km/jam. Mobil ini juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara: Normal, Eco, dan Sport yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengemudi. Sistem pengereman menggunakan rem cakram ventilasi 18 inci di depan dan 16 inci di belakang pada velg alloy 18 inci. Suspensi GR memastikan handling yang brilian.

 

BACA JUGA:Penting Diketahui, Tips Cara Mencegah Keropos pada Mobil Agar Tetap Kuat dan Aman

Anton mengatakan bahwa meskipun memiliki performa tinggi, GR Corolla tetap mempertahankan konfigurasi hatchback klasik dengan lima pintu dan lima kursi, menjadikannya cocok untuk penggunaan sehari-hari tanpa mengurangi performanya. 

 

Mobil ini juga memanfaatkan bahan aluminium pada beberapa bagian untuk mengurangi bobot dan menurunkan pusat gravitasi. Anton menyebutkan bahwa GR Corolla menjaga tiga target utama: aerodinamika untuk meningkatkan performa mesin dan suspensi, pendinginan mesin dan rem yang optimal, serta meningkatkan stabilitas mobil untuk pengalaman berkendara yang mengasyikkan.

 

GR Corolla memiliki dimensi 4.407x1.851x1.479 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.640 mm. Ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan GR Yaris (3.995x1.805x1.460 mm dengan wheelbase 2.558 mm) memberikan lebih banyak ruang kabin dan kenyamanan bagi penumpang. Meskipun memiliki performa tinggi, GR Corolla tetap dapat digunakan untuk kebutuhan harian yang santun.

Sumber: