Cek Ketebalan Ban Mobil Sebelum Bepergian Jauh, Gampang Ini Caranya!

Cek Ketebalan Ban Mobil Sebelum Bepergian Jauh, Gampang Ini Caranya!

Cek Ketebalan Ban Mobil Sebelum Bepergian Jauh, Gampang Ini Caranya!/--www.istockphoto.com

Cek Ketebalan Ban Mobil Sebelum Bepergian Jauh, Gampang Ini Caranya!

RK ONLINE - Ban mobil seringkali terabaikan, padahal perannya sangat penting. Selain sebagai penopang beban kendaraan secara keseluruhan, ban juga menjadi komponen pertama yang bersentuhan dengan permukaan jalan.

 

Dengan begitu, kondisi ban tidak hanya mempengaruhi bobot mobil, tetapi juga kemampuannya dalam manuver. Jika kondisi ban tidak prima, berbagai masalah dapat muncul seperti aquaplaning, selip, pecah ban, dan sebagainya.

BACA JUGA:Jetour Siap Gebrak Pasar Mobil Indonesia Melalui SUV Terbaru, Jetour X70P!

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil, penting untuk memeriksa ban secara rinci karena perannya yang cukup besar.

 

"Pertama-tama, pastikan bahwa kedalaman tapak ban masih aman sesuai dengan kode produksi dan berada di atas tread wear indicator (TWI)," ujar Sony seperti yang dilansir dari kompas.com.

 

TWI adalah petunjuk kapan ban sudah mencapai batas minimum ketebalan. Jika sudah menyentuh atau berada di bawah TWI, maka ban harus segera diganti.

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Memori Penuh Lagi, Ini 8 Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh di HP Android

"Ban perlu memiliki area pembuangan air dan tapak yang mampu menahan permukaan jalan untuk mencegah aquaplaning dan selip selama perjalanan, terutama saat kondisi jalan basah," tambah Sony.

 

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo, menjelaskan bahwa batas ketebalan ban yang aman untuk digunakan dapat mengacu pada TWI.

Sumber: