Waspadai Ciri-Cirinya, Warga Kepahiang Jadi Korban Aksi Penipuan Sembako Murah Petugas Bansos Gadungan

Waspadai Ciri-Cirinya, Warga Kepahiang Jadi Korban Aksi Penipuan Sembako Murah Petugas Bansos Gadungan

waspada penipuan modus sembako murah dan mengaku dari petugas dinsos /---https://m.dephub.go.id

Waspadai Ciri-Cirinya, Warga Kepahiang Jadi Korban Aksi Penipuan Sembako Murah Petugas Bansos Gadungan

RK ONLINE - Program bantuan sosial (Bansos) telah menjadi andalan pemerintah dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya dalam kondisi sulit seperti pandemi atau bencana alam. 

 

Namun ironisnya, situasi ini juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan berkedok Bansos sembako murah. Kasus penipuan semacam ini tentunya harus diwaspadai karena dapat merugikan banyak pihak.

 

Kabar aksi penipuan berkedok Bansos berupa sembako murah baru-baru ini, menimpa keluarga Ratna, warga Kelurahan Padang Lekat, Kecamatan Kepahiang. Dia mengatakan kalau ada 2 orang terdekatnya telah menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan Dinas Sosial (Dinsos) Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Sudah Ada Korbanya, Waspada Petugas Dinsos Gadungan Beraksi di Kepahiang, Ketahuilah Modusnya!

Ratna mengisahkan bahwa ibu dan bibinya telah dimanfaatkan oleh pelaku menawarkan sembako murah yang mengatasnamakan Dinsos Kepahiang. Berhasil diyakinkan pelaku, kedua korban tersebut akhirnya menyetorkan uang Rp200 ribu kepada pelaku dengan harapan mendapatkan sembako murah tersebut. Namun hingga saat ini, sembako murah yang dijanjikan pelaku tersebut tidak kunjung diterima oleh korban.

 

"Saat itu, pelaku menawarkan sembako murah kepada ibu dan juga wak (bibi) saya, katanya dari petugas Dinsos. Ibu dan wak saya telah menyetorkan uang sebesar Rp200 ribu (masing-masing 100 ribu) untuk membeli sembako tersebut. Namun nyatanya sampai saat ini, barang yang diminta tidak kunjung diberikan," ungkap Ratna.

 

Dalam situasi seperti ini, penting bagi masyarakat untuk mengenali ciri-ciri penipuan berkedok Bansos seperti sembako murah. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang harus diwaspadai:

 

1. Tawaran Terlalu Bagus

Sumber: