Waspada Kejahatan Siber, Pelajari Cara Melindungi Diri dari Ancaman Kejahatan Lewat Pesan WhatsApp

Waspada Kejahatan Siber, Pelajari Cara Melindungi Diri dari Ancaman Kejahatan Lewat Pesan WhatsApp

Jenis kejahatan siber dan tips untuk melindungi diri dari serangan siber/---freepik.com

Waspada Kejahatan Siber, Pelajari Cara Melindungi Diri dari Ancaman Kejahatan Lewat Pesan WhatsApp

RK ONLINE - Seiring dengan kemajuan teknologi, risiko kejahatan siber semakin meningkat, dan salah satunya yang sering terjadi di aplikasi pesan instan seperti WhatsApp adalah phising.

Phising merupakan serangan siber yang bertujuan untuk mendapatkan informasi pribadi dengan cara memanipulasi individu untuk mengungkapkan informasi tersebut.

 

Namun, phising bukan satu-satunya jenis kejahatan siber yang perlu diwaspadai. Ada beragam jenis serangan siber lainnya, dan penting bagi kita untuk memahami apa yang harus diwaspadai dan bagaimana cara melindungi diri.

BACA JUGA:Begini Cara Buat Grub Tanpa Nama di WhatsApp!

1. Malware

Malware adalah istilah umum yang mencakup serangan siber seperti Trojan, virus, dan worm. Malware ini bertujuan mencuri data atau meretas komputer. Ada berbagai jenis malware, termasuk Adware, Fileless Malware, Virus, Worms, Trojan, Bot, Ransomware, Spyware, Mobile Malware, dan Rootkit.

 

2. Phising

Phising adalah serangan siber yang sering terjadi. Biasanya, penyerang akan mengirimkan berkas atau aplikasi melalui aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp, untuk mencuri informasi pribadi seperti nomor rekening bank, kata sandi, atau nomor kartu kredit. Phising juga bisa terjadi melalui media sosial, panggilan telepon, dan SMS.

 

3. Serangan DDoS

Serangan DDoS (Denial-of-Service) bertujuan membuat situs web tidak tersedia bagi pengguna dengan membanjiri target dengan lalu lintas internet yang sangat besar. Dalam serangan DDoS, banyak komputer terinfeksi yang disebut "botnet" dikendalikan oleh penyerang untuk mengakses target dengan intensitas tinggi.

Sumber: