Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Apakah Butuh Sertifikat Tes TOEFL? Ini Jawabanya!

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Apakah Butuh Sertifikat Tes TOEFL? Ini Jawabanya!

Apakah Butuh Sertifikat Tes TOEFL untuk ikut tes seleksi cpns dan pppk 2023?/---freepik.com

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Apakah Butuh Sertifikat Tes TOEFL? Ini Jawabanya!

RK ONLINE - Antusiasme para calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengikuti seleksi tahun 2023 semakin terasa.

Meskipun pengumuman resmi dari instansi pemerintahan terkait detail seleksi masih belum tersedia, namun para calon peserta sudah mulai melakukan persiapan dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti proses seleksi.

 

Salah satu hal yang tengah menjadi perhatian adalah tes TOEFL, terutama bagi mereka yang berencana mengambil jalur seleksi yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. 

BACA JUGA:Calon Pelamar CPNS dan PPPK 2023 Wajib Tau Passing Grade dan Cara Menghitung Nilai Akhir passing grade

Namun, pertanyaan mendasar muncul: Apakah tes TOEFL dengan skor tertentu akan menjadi persyaratan dalam seleksi CPNS 2023?

 

Menjawab dari pertanyaan tersebut, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan, memberikan penjelasan yang lebih jelas terkait hal ini. Menurutnya, syarat pendaftaran CPNS tahun ini akan bervariasi sesuai dengan ketentuan dari masing-masing instansi.

 

Dengan kata lain, apakah tes TOEFL menjadi syarat atau tidak akan tergantung pada kebijakan instansi yang membuka rekrutmen CPNS. 

 

"Terkait persyaratan atau informasi pelamar ASN (CPNS dan PPPK) Tahun Anggaran 2023 seperti umur, kualifikasi pendidikan, ijazah, kebutuhan ASN dan sebagainya, bisa merujuk ke pengumuman instansi yang membuka rekrutmen ASN," ungkap Hasan.

BACA JUGA:MenteriPANRB Ingatkan Masyarakat Untuk Waspada Terhadap Penipuan Seleksi CPNS 2023

Sumber: