Fakta Seputar Burung Garuda yang Harus Kamu Tahu!

Fakta Seputar Burung Garuda yang Harus Kamu Tahu!

Fakta soal burung garuda yang identik dengan elang jawa/---bappeda.jatimprov.go.id

Ternyata, setiap helai bulu pada lambang Garuda Pancasila memiliki makna simbolis. Pada bagian sayap, terdapat 17 helai bulu di kanan dan kiri, sedangkan pada ekor terdapat 8 helai. Di pangkal ekor dan kaki, terdapat 19 helai bulu kecil, dan di leher terdapat 45 helai bulu. Gabungan angka-angka ini membentuk tanggal 17-8-1945, yang merujuk pada hari kemerdekaan Indonesia.

 

Makna Burung, Warna, dan Perisai

Burung Garuda dianggap sebagai raja dari segala burung. Elang jawa melambangkan kekuatan dan ketajaman visi, seperti mata elang. Postur sayap yang terentang melambangkan kemampuan negara untuk mencapai hal-hal tinggi. 

 

Cengkeraman yang kuat merepresentasikan kekuatan, dengan pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Terdapat perisai di bagian dada yang melambangkan perjuangan dan perlindungan, sedangkan warna emas pada garuda melambangkan keagungan dan keluhuran.

BACA JUGA:Fakta, Mitos dan Simbolisme di Balik Legenda Misteri Burung Garuda

Simbol Pancasila

Pada perisai Garuda terdapat lima bagian yang memuat simbol-simbol Pancasila, dasar negara Republik Indonesia. Setiap simbol memiliki makna tersendiri, seperti bintang yang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa, mata rantai yang melambangkan kemanusiaan yang adil dan beradab, pohon beringin untuk persatuan Indonesia, kepala banteng untuk kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan padi serta kapas untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Melihat Lebih Dalam, Burung Garuda, selain menjadi simbol nasional Indonesia, juga memiliki kedalaman makna dalam sejarah, budaya, dan filosofi Pancasila. Dalam setiap ciri fisik dan simbol yang dimilikinya, terkandung nilai-nilai dan pesan-pesan penting bagi Indonesia. 

 

Mempelajari lebih lanjut tentang fakta-fakta unik ini dapat membantu kita menghargai makna mendalam yang terkandung dalam lambang nasional kita.

BACA JUGA:Lambang Pancasila, Burung Garuda Memiliki Karakteristik dan Makna Berbeda Bagi Negara Indonesia

Sumber: