Wajib Membawa Babi, Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia Bisa Tembus Rp250 Juta

Wajib Membawa Babi, Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia Bisa Tembus Rp250 Juta

adat pernikahan termahal di indonesia/Foto: Pernikahan Adat Suku Sasak---langgar.co

Wajib Membawa Babi, Biaya Pernikahan Adat Termahal di Indonesia Bisa Tembus Rp250 Juta 

RK ONLINE- Pernikahan adalah momen sakral dalam kehidupan seseorang. Di Indonesia, setiap daerah memiliki adat pernikahan masing-masing dengan keunikan dan kekayaan budaya tersendiri. Beberapa daerah bahkan memiliki biaya pernikahan yang sangat fantastis, mencapai nominal ratusan juta rupiah.

 

Berikut adalah 5 adat pernikahan termahal di Indonesia:

Pernikahan Suku Nias

Suku Nias di Sumatera Utara memiliki adat istiadat yang kental. Mahar dalam pernikahan Suku Nias tergolong mahal, di mana lamaran harus membawa 25 ekor babi. 

BACA JUGA:Marak Pernikahan Beda Agama, Mahkamah Agung Keluarkan Surat Edaran Ini

Jika harga babi dianggap sekitar Rp 1 juta per ekor, maka 25 babi akan mencapai Rp 25 juta. Jumlah mahar ini juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan mempelai wanita.

 

Pernikahan Adat Bugis

Pernikahan adat Bugis melibatkan prosesi panjang dan banyak orang terlibat. Penyebaran informasi ke seluruh desa penting untuk mendapatkan doa dan bantuan. Mahar yang harus diberikan dalam bentuk emas berbeda-beda tergantung dari tingkat pendidikan mempelai wanita.

 

Pernikahan Adat Minangkabau

Prosesi pernikahan adat Minangkabau yang panjang menyebabkan biaya pernikahan ini tinggi. Ada berbagai prosesi seperti Marasek, Maminang, Batimbang Tando, Mahanta Siri, Babako-Babiki, Malam Bainai, Manjapuik Marapulai, dan Penyambutan di Rumah Anak Daro. Tradisi usai akad nikah seperti memulangkan tanda juga menambah biaya hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Sumber: