Tenaga Honorer Sumringah, Ini Fokus KemenPANRB Jelang Pendaftaran CPNS 2023

Tenaga Honorer Sumringah, Ini Fokus KemenPANRB Jelang Pendaftaran CPNS 2023

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN 2023/---www.menpan.go.id

 

Alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat terdiri dari 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. Sedangkan di pemerintah daerah, akan dialokasikan 296.084 formasi khusus untuk PPPK Guru, 154.724 untuk PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 untuk PPPK Teknis. Proses seleksi calon ASN dijadwalkan akan dimulai pada bulan September 2023.

BACA JUGA:Cek Sekarang! KemenPANRB Tetapkan 572.496 Formasi ASN Tahun 2023

Menteri Anas menegaskan bahwa seluruh proses seleksi akan berjalan dengan adil dan tanpa adanya praktik nepotisme. Dia berharap ASN yang terpilih dapat memberikan kinerja yang berdampak positif bagi masyarakat, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

 

Selain itu, Anas juga menyampaikan arah kebijakan lainnya dalam rekrutmen ASN 2023. Prioritas utamanya adalah meningkatkan pelayanan dasar dengan memberikan formasi terbanyak untuk guru dan tenaga kesehatan. Hampir 80 persen dari seluruh formasi 2023 akan ditujukan untuk dua sektor ini.

 

Selanjutnya, Anas menekankan pentingnya memberi kesempatan rekrutmen bagi talenta digital dan data scientist. Selain itu, rekrutmen juga akan dikurangi pada formasi yang akan terdampak oleh transformasi digital.

 

Menteri Anas juga menekankan bahwa rekrutmen ASN tahun 2023 bertujuan untuk menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau honorer. 

 

Saat ini, jumlah tenaga non-ASN yang terdaftar mencapai 2,3 juta, dan proses audit sedang berlangsung oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BACA JUGA:Kemenkumham Umumkan 4 Jalur Istimewah Seleksi CPNS Formasi Polsuspas 2023

"Karena mereka telah mengabdi, maka rekrutmen ASN 2023 akan memberikan kesempatan sebanyak 80 persen untuk pelamar dari kalangan tenaga non-ASN, dan 20 persen untuk pelamar umum," jelas Anas.

 

Sumber: