Tenaga Honorer Sumringah, Ini Fokus KemenPANRB Jelang Pendaftaran CPNS 2023

Tenaga Honorer Sumringah, Ini Fokus KemenPANRB Jelang Pendaftaran CPNS 2023

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN 2023/---www.menpan.go.id

Tenaga Honorer Sumringah, Ini Fokus KemenPANRB Jelang Pendaftaran CPNS 2023

RK ONLINE - Apa yang disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), tentunya akan membuat tenaga honorer sumringah, khususnya tenaga honorer bidang kesehatan dan pendidikan. 

 

Sebab menjelang pendaftaran CPNS 2023 dibuka, MenPANRB, Abdullah Azwar Anas mengumumkan bahwa skema rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 - 2030, difokuskan pada peningkatan kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan.

 

"Rencana kebijakan pemenuhan ASN Tahun 2023-2030 mengacu pada proyeksi kebutuhan di sektor pendidikan dan kesehatan dengan pertumbuhan positif," ujar Anas.

BACA JUGA:Formasi Khusus Talenta Digital Dalam Seleksi CPNS 2023, Ini yang Dicari Pemerintah!

Pola rekrutmen untuk tenaga teknis fungsional sesuai dengan bidang prioritas nasional dan potensi wilayah akan menggunakan skema rekrutmen zero growth. Ini berarti hanya akan ada perekrutan pegawai sesuai dengan jumlah pegawai yang pensiun.

 

Sementara itu, untuk rekrutmen tenaga teknis pelaksana, pola rekrutmen selama tujuh tahun ke depan akan menggunakan skema negative growth. Artinya, jumlah perekrutan pegawai di sektor tersebut akan lebih sedikit daripada jumlah pegawai yang pensiun.

 

"Untuk tenaga teknis pelaksana, kami akan menggunakan skema negative growth, yaitu merekrut pegawai baru lebih sedikit dari jumlah pegawai yang pensiun," ungkap Anas.

 

Pada tahun 2023 ini, Kementerian PANRB telah menetapkan 572.496 formasi calon ASN nasional per tanggal 1 Agustus 2023. Dari jumlah tersebut, sebanyak 78.862 ASN akan ditempatkan di 72 instansi pemerintah pusat, dan 493.634 ASN untuk pemerintah daerah.

Sumber: