Kepastian Menpora Untuk Timnas Indonesia U-23 Diajang Asian Games di China

Kepastian Menpora Untuk Timnas Indonesia U-23 Diajang Asian Games di China

Menpora pastikan timnas masuk asian games 2022/---Bolasport.com

Kepastian Menpora Untuk Timnas Indonesia U-23 Diajang Asian Games di China

RK ONLINE- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan bahwa Timnas Indonesia U-23 akan dikirim oleh pemerintah untuk tampil dalam ajang Asian Games 2022 (2023) di China. 

 

Keputusan tersebut diungkapkan oleh Dito setelah menggelar rapat dengan perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan tim review Kementerian Pemuda dan Olahraga. Meskipun hasil rapat tersebut belum final, namun dipastikan bahwa tim sepak bola akan dikirim.

 

"Cabang olahraga yang akan kita kirim mungkin sekitar 32. Nanti akan saya cek lagi. Dari 32 cabang olahraga itu, termasuk Timnas sepak bola," ujar Dito.

BACA JUGA:Usai Lawan Argentina, Timnas Indonesia Bakal Hadari Mantan Juara Dunia Jerman

Dito memastikan bahwa Timnas Indonesia akan tetap dikirim, artinya biaya partisipasinya akan ditanggung oleh pemerintah, meskipun tidak ada target medali yang ditetapkan. Target untuk ajang Asian Games ini sebelumnya telah diungkapkan oleh PSSI.

 

Rencananya, PSSI akan mengirim pemain-pemain U-20 yang sebelumnya batal tampil di Piala Dunia U-20 2023 dalam ajang Asian Games ini. Asian Games kali ini akan menggunakan kebijakan U-24 sebagai dampak dari penundaan penyelenggaraan multi-event tersebut selama satu tahun.

 

Terakhir kali Timnas Indonesia U-23 tampil di Asian Games di luar Indonesia adalah pada 2014 di Incheon, Korea Selatan. Saat itu, PSSI mengirim tim tanpa bantuan dana dari pemerintah karena bukan cabang olahraga prestasi. Sementara pada Asian Games 2018, Timnas Indonesia berpartisipasi karena menjadi tuan rumah.

 

Dito menegaskan bahwa ia tidak ingin Timnas Indonesia U-23 tampil di Asian Games 2023 tanpa target. Pemerintah pasti akan memberikan target untuk memotivasi para pemain.

Sumber: