Ada Laporan Perempuan Hamil dan Melahirkan Sampai 69 anak. Benarkah ?

Ada Laporan Perempuan Hamil dan Melahirkan Sampai 69 anak. Benarkah ?

Kolase seorang istri di abad 18 yang hamil dan melahirkan anak hingga 69 orang--DOK/Net

Begitu banyak anak

Kehamilan Ibu Vassilyev dengan kembar dua, tiga dan empat lebih memperburuk kredibiltas cerita ini. Janin kembar dan permutasi dalam jumlah lebih banyak hanya bisa terjadi dengan salah satu dari kedua cara ini: beberapa telur yang berovulasi secara sukses dibuahi oleh sperma – yang disebut juga kembar fraternal – atau satu telur tunggal dibagi-bagi menjadi beberapa embrio, yang menyebabkan lahirnya kembar identik dengan kode genetik yang sama.

Kecenderungan memiliki anak kembar biasanya merupakan 'turunan' dalam keluarga. Jadi apakah Ibu Vassilyev merupakan contoh ekstrem?

Secara keseluruhan, hal seperti ini sangat jarang. Di Inggris pada tahun 2012 misalnya, kemungkinan melahirkan bayi kembar hanya 1,5% dari angka kehamilan tahun itu; untuk kembar tiga angkanya melonjak turun menjadi 0.0003%, dan kembar empat atau lebih hanya terjadi dalam tiga kejadian dari 778.805 kelahiran, menurut statistik yang dikumpulkan Multiple Births Foundation.

BACA JUGA:8 Tradisi Unik Hamil dan Melahirkan di Seluruh Dunia Yang Bikin Merinding

 

Mortalitas anak

Dan ada satu lagi cacat dalam kisah keluarga Vassilyev ini. Katakanlah 67 dari 69 anak itu dapat bertahan hidup melalui masa balita mereka. Mortalitas bayi sangatlah tinggi di Abad 18 untuk bayi tunggal yang lahir cukup bulan, dan lebih tinggi lagi untuk bayi kembar dua dan lebih yang kebanyakan lahir sebelum saatnya dan tidak terlalu sehat. "Bahkan jika kita punya empat set bayi kembar empat sekarang ini, saya tidak yakin mereka semua dapat bertahan hidup," kata Segars.

Yang terakhir, perempuan mana yang mau melakukan hal seperti ini? "Bayangkan saja stresnya seperti apa!" kata Baker.

Segars sepakat. Dan alasan terakhir ia tidak mempercayai pernyataan Vassilyev? "Kewarasan! Tak bisa saya bayangkan tinggal di rumah itu."

Walaupun begitu, jika cerita ini memang benar, maka sulitnya tugas merawat anak mungkin bisa menjadi alasan mengapa setelah menikah beberapa dekade, pasangan suami istri Vassilyev ini bercerai. Feodor si bapak tua menikahi istri kedua, yang kabarnya "hanya" memiliki 18 anak. Nah, bayangkan sekali lagi kalau saja media sudah ada seperti sekarang  ini.

Sumber: