Bahaya Mengisi Ulang Botol Air Minum Plastik Sekali Pakai, Anda Wajib Baca !

Bahaya Mengisi Ulang Botol Air Minum Plastik Sekali Pakai, Anda Wajib Baca !

DOK/Net : Ilustrasi Botol Plastik--

Kenali dahulu  kandungan kimia dalam botol plastik

 

RK ONLINE - Untuk mengenali kandungan bahan kimia dalam botol plastik, Anda tinggal melihat kode segitiga yang biasanya terdapat pada bagian bawah botol.

Umumnya, botol air mineral sekali pakai tertulis kode 1 yang artinya terbuat dari plastik PET atau PETE (polyethylene terephthalate).

Di samping botol air mineral, kode botol plastik ini juga bisa Anda temukan dalam botol minuman ringan, minuman olahraga, kecap, sambal, selai, dan minyak.

Plastik PET bersifat jernih, kuat, kedap gas dan air, serta aman untuk produk makanan atau minuman.

Botol plastik juga bisa mengandung bahan kimia berisiko seperti Bisphenol A (BPA). Kandungan ini terdapat pada botol plastik dan pelapis kaleng makanan atau susu formula.

Dikutip dari Mayo Clinic, plastik dengan kode 3 atau polivinil klorida (PVC) dan kode 7 atau jenis resin plastik lain mungkin mengandung BPA meski tidak semuanya.

Belakangan ini penggunaan BPA mulai diperhatikan lagi terkait risikonya terhadap kesehatan manusia.

Untuk menghindari kekhawatiran terhadap bahaya botol plastik ini, beberapa produsen mencantumkan label “BPA Free” alias bebas BPA pada produk mereka.

Penggunaan bahan sekali pakai untuk dipakai berulang kali, termasuk botol plastik air minum dalam kemasan tentunya bukan tanpa risiko.

 

Berikut ini adalah sejumlah bahaya dari penggunaan botol plastik sekali pakai secara berulang-ulang.

 

Sumber: