Berbahan Tebu, Pertamina Berencana Lucurkan Produk BBM Terbaru

Berbahan Tebu, Pertamina Berencana Lucurkan Produk BBM Terbaru

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati- --www.pertamina.com

Berbahan Tebu, Pertamina Berencana Lucurkan Produk BBM Terbaru

RK ONLINEPT Pertamina (Persero) memiliki rencana untuk meluncurkan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru pada bulan ini. Produk baru tersebut adalah campuran bioetanol 5% bahan bakar nabati (BBN) ke dalam BBM jenis Pertamax.

 

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan bahwa peluncuran produk baru ini adalah langkah perusahaan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Selain itu, ini juga merupakan upaya untuk menurunkan emisi karbon dan mencapai kemandirian energi.

 

Nicke menyampaikan hal ini dalam Media Briefing Capaian Kinerja 2022 pada tanggal 6 Juni 2023. Menurut Nicke, produksi BBM baru ini tidak akan mengganggu pasokan tebu untuk industri gula. Bioetanol diproduksi dari fermentasi molases (tetes tebu).

BACA JUGA:MyPertamina Tebar Hadiah, Buruan Ikuti dan Dapatkan Hadiah Utama 1 Unit Mobil Pajero Sport Dakar

"Jadi nanti kita di bulan ini, mau launching produk baru. Yaitu bioetanol, jadi Pertamax kita campur dengan etanol," ujar Nicke 

 

Nicke menjelaskan bahwa ini tidak akan menyebabkan persaingan dengan pabrik gula. Bioetanol yang digunakan berasal dari tetes tebu yang merupakan produk sampingan dari pabrik gula.

 

Selain tebu, Indonesia juga memiliki potensi bahan baku yang cukup besar untuk sumber bioetanol. Singkong dan jagung juga bisa digunakan sebagai sumber bioetanol.

 

Nicke menegaskan bahwa Pertamina akan terus melakukan penelitian untuk menghasilkan bioenergi dari bahan baku nabati. Tantangan selanjutnya adalah menghadapi aspek pelaksanaannya.

Sumber: