Cara Efektif Merawat Radiator Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Efektif Merawat Radiator Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Ilustrasi merawat air radiator mobil - --shutterstock.com

4. Perhatikan Kualitas Air

Pastikan menggunakan air yang bersih dan bebas kandungan mineral yang tinggi untuk mencampur dengan coolant. Air yang memiliki kandungan mineral tinggi dapat menyebabkan penumpukan kerak atau endapan di dalam radiator yang dapat menghambat aliran pendinginan.

 

5. Ganti Coolant secara Teratur 

Ganti coolant sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan mobil. Coolant memiliki batas usia pakai dan sifat pendinginan yang dapat berkurang seiring waktu. Penggantian coolant secara teratur akan memastikan kualitas pendinginan yang optimal.

BACA JUGA:Apa Bener Menempelkan Remote Mobil di Kepala Bisa Membuat Jangkauan Lebih Jauh

6. Periksa Termostat

Termostat merupakan komponen yang mengatur aliran coolant ke dalam radiator. Pastikan termostat berfungsi dengan baik dan menggantinya jika diperlukan. Termostat yang rusak dapat mengganggu sirkulasi coolant dan menyebabkan masalah pada sistem pendinginan.

 

7. Jaga Kebersihan Area Sekitar

Pastikan area di sekitar air radiator bebas dari kotoran, dedaunan, atau serpihan lainnya yang dapat menghalangi aliran udara. Hal ini akan membantu pendinginan yang lebih efisien.

 

8. Perhatikan Suhu Mesin

Selalu perhatikan suhu mesin saat berkendara. Jika terjadi kenaikan suhu yang tidak normal, segera berhenti dan periksa apakah ada masalah pada sistem pendinginan. Jangan memaksakan mobil untuk terus berjalan dalam kondisi mesin yang panas.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Sembarangan Mengisi Air Radiator Mobil Bisa Menyebabkan Kerusakan Parah, Ini Penjelasannya!

Sumber: