Update Info CPNS 2023, KemenPANRB Tetapkan 4 Bidang Dengan Total 34 Ribu Formasi CPNS

Update Info CPNS 2023, KemenPANRB Tetapkan 4 Bidang Dengan Total 34 Ribu Formasi CPNS

Calon pegawai negeri sipil ---radarutara.disway.id/

Update Info CPNS 2023, KemenPANRB Tetapkan 4 Bidang Dengan Total 34 Ribu Formasi CPNS

RK ONLINE - Pada tahun 2023 ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) akan melaksanakan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS dengan menetapkan sebanyak 34 ribu formasi CPNS sesuai kebutuhan. 

 

KemenPANRB telah membatasi kebutuhan formasi CPNS secara sangat terbatas dalam pengadaan CPNS tahun 2023, yang disebut sebagai upaya pemerintah untuk lebih banyak menyerap tenaga honorer.

 

Memang benar, kebijakan pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi prioritas utama. Sehingga formasi kebutuhan CPNS dibatasi hanya untuk bidang tertentu yang sangat dibutuhkan atau mengalami kekurangan tenaga.

BACA JUGA:Rekrutmen CPNS Diundur, Simak Penjelasan KemenPANRB Berikut Ini

Bahkan pada tahun ini, pemerintah pusat melalui KemenPANRB telah menetapkan bahwa tidak akan ada pembukaan formasi kebutuhan CPNS di lingkup pemerintah daerah. Hal ini untuk memastikan penyelesaian pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK.

 

Menurut instruksi yang terdapat dalam surat edaran KemenPANRB, formasi CPNS tahun 2023 hanya akan membuka 4 bidang saja.

 

Salah satu dari 4 bidang yang dibuka untuk formasi CPNS adalah tenaga dosen, yang berdasarkan usulan kebutuhan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud).

 

KemenPANRB telah menetapkan jumlah kebutuhan CPNS untuk tenaga dosen sebanyak 15.858 formasi, sedangkan formasi PPPK untuk tenaga dosen sebanyak 6.742 formasi.

Sumber: