Penghapus Dosa dan Dicintai Allah, Berikut Ini 10 Manfaat Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha 1444 H

Penghapus Dosa dan Dicintai Allah, Berikut Ini 10 Manfaat Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha 1444 H

Salah satu sapi yang biasanya dijadikan hewan kurban - ---Ist-

7. Membersihkan Harta dan Jiwa

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang Allah SWT sukai dan muliakan. Bagi mereka yang mampu, kurban bukan hanya sebagai momen berbagi, tetapi juga sebagai cara untuk membersihkan harta dari sumber yang tidak halal dan menyucikan jiwa dari penyakit hati seperti keserakahan dan iri hati.

BACA JUGA:Jangan Sampai Menyesal, Peserta Seleksi CPNS 2023 Ingat Ini Tips Agar Terhindar Pungli Dalam Seleksi

8. Mendapatkan Kemudahan di Akhirat

Hewan kurban yang kita sembelih di dunia akan menjadi pembantu kita di hari akhirat karena keikhlasan kita dalam berkur-ban. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, bahwa tidak ada amalan yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Kurban. 

Hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu, dan kuku-kukunya, dan pahala kurban itu akan diterima oleh Allah sebelum darah kurban tersebut menyentuh tanah.

 

9. Mempererat Silaturahmi

Berkurban juga mempererat hubungan silaturahmi antara saudara, tetangga, dan kerabat. Melalui kurban, hubungan dengan orang yang berkurban dan penerima kurban menjadi lebih baik dan erat. Begitu juga dengan masyarakat yang berkumpul di tempat penyembelihan hewan kurban.

 

10. Kehidupan yang Lebih Berkah

Saat darah pertama mengalir, kita akan merasakan rasa syukur yang mendalam atas segala nikmat Allah SWT. Kehidupan kita pun akan menjadi lebih berkah karena harta dan jiwa kita telah disucikan melalui kurban.

 

Dalam kesimpulannya, berkurban pada hari Idul Adha memiliki manfaat yang signifikan, seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjadi ungkapan syukur, penghapus dosa, dan amalan yang sangat dicintai oleh-Nya. Oleh karena itu, menjalankan ibadah kurban adalah salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Sumber: