Penghapus Dosa dan Dicintai Allah, Berikut Ini 10 Manfaat Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha 1444 H

Penghapus Dosa dan Dicintai Allah, Berikut Ini 10 Manfaat Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha 1444 H

Salah satu sapi yang biasanya dijadikan hewan kurban - ---Ist-

"Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)."(QS. Al-Kautsar: 2).

 

2. Sebagai ungkapan syukur

Menurut ulama dari Madzhab Hanafi seperti yang dijelaskan oleh Wahbah az-Zuhaili dalam kitab fikihnya, berkurban menjadi wajib bagi orang kaya untuk melaksanakannya setiap Hari Raya Idul Adha. 

 

Kurban dilakukan sebagai ungkapan syukur atas nikmat kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT dan untuk menghidupkan sunnah yang ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim AS.

 

3. Sebagai penghapus dosa

Manfaat berkurban lainnya adalah sebagai penghapus dosa dan penebus kesalahan. Kurban juga dapat menjadi kendaraan bagi seseorang ketika melewati "shiraath" (jembatan) di akhirat kelak.

BACA JUGA:Rekrutmen CPNS Diundur, Simak Penjelasan KemenPANRB Berikut Ini

Hal ini didasarkan pada sebuah hadis yang menyatakan bahwa hewan kurban yang diperbesar akan menjadi pengampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.

 

4. Amalan yang dicintai oleh Allah

Berdasarkan riwayat dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa tidak ada amalan yang lebih dicintai oleh Allah SWT pada Hari Nahr (Idul Adha) daripada mengalirnya darah hewan kurban. 

 

Sumber: