Penghapus Dosa dan Dicintai Allah, Berikut Ini 10 Manfaat Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha 1444 H

Penghapus Dosa dan Dicintai Allah, Berikut Ini 10 Manfaat Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha 1444 H

Salah satu sapi yang biasanya dijadikan hewan kurban - ---Ist-

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirnya darah (kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya," (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah, sebagian ulama mengatakannya dhaif).

 

Meskipun hadis ini dianggap lemah, namun tidak menghilangkan keutamaan berkurban. Ulama juga sepakat bahwa kurban pada Hari Raya Idul Adha adalah sunnah bagi setiap orang yang mampu melaksanakannya.

 

"Berqurbanlah, aqiqah, hadyu sunah, semuanya lebih baik, daripada sedekah dengan uang senilai hewan yang disembelih," tulis Syaikhul Islam.

BACA JUGA:Bikin Ketawa, Lupa Kasih Makan Ayam Jemaah Haji Ini Minta Turun Dari Pesawat

 

5. Menandai sebagai Seorang Muslim

Kewajiban berkurban bagi mereka yang mampu adalah salah satu ajaran dalam Islam. Melalui kurban, kita menunjukkan identitas keislaman kita. 

Bahkan, ajaran ini seringkali menjadi contoh yang memikat bagi penganut agama lain karena sikap saling berbagi yang dimiliki oleh Islam.

 

6. Memupuk Rasa Peduli terhadap Sesama

Berkurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan untuk dikonsumsi, tetapi juga tentang berbagi dengan mereka yang kurang mampu sehingga mereka juga dapat merasakan nikmatnya daging yang jarang mereka dapatkan. Dengan berkurban, kita menunjukkan kepedulian terhadap sesama.

 

 

Sumber: