Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Alasan Kenapa Rokok Masih Dijual Bebes di Indonesia

Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Alasan Kenapa Rokok Masih Dijual Bebes di Indonesia

Ilustrasi Pria sedang menghisap rokok - --pixabay.com

Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Alasan Kenapa Rokok Masih Dijual Bebas di Indonesia

RK ONLINE - Selain berdampak negatif bahkan berbahaya bagi kesehatan, asap rokok juga membahayakan orang-orang di sekitar mereka yang sering disebut sebagai perokok pasif.

 

Selain knalpot kendaraan, asap rokok tidak hanya menyebabkan penyakit, tetapi juga berkontribusi terhadap polusi udara. Hal ini dapat merusak kualitas udara di area tempat orang merokok.

 

Meskipun rokok memiliki dampak negatif, sampai saat ini pemerintah masih melegalkan penjualan rokok kepada masyarakat. Padahal sebenarnya, pemerintah tidak sepenuhnya membiarkan peredaran rokok di masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:NAIK! Ini 16 Daftar Harga Rokok Per Bungkus di Indonesia Terhitung Mei 2023

UU Kesehatan Tahun 2009 menjelaskan bahwa zat aditif dalam tembakau, adalah bahan kimia berbahaya yang harus terus diawasi dan dibatasi di kalangan masyarakat. 

 

Meskipun demikian, UU kesehatan ini tidak melarang sepenuhnya peredaran rokok. Tetapi hanya mengatur pembatasannya sehingga rokok tetap tersedia secara luas di masyarakat Indonesia.

 

Salah satu faktor lain yang telah dilakukan untuk membatasi peredaran rokok adalah pembatasan usia pembelian rokok hanya untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas. Namun sayangnya, aturan ini tidak dapat diterapkan dengan baik karena kurangnya pengawasan di lapangan.

 

Maraknya peredaran rokok juga disebabkan oleh beberapa produsen rokok yang terus mencari celah untuk memproduksi rokok dalam jumlah besar dan beberapa di antaranya, tidak mengukur kadar nikotin dalam produk rokok mereka. 

Sumber: