Cuaca Panas Sebabkan Dehidrasi!! Berikut Cara Untuk Terhindar Dari Dehidrasi

Cuaca Panas Sebabkan Dehidrasi!! Berikut Cara Untuk Terhindar Dari Dehidrasi

Ilustrasi Dehidrasi------www.bkk-group.com/--

 

Keringat yang keluar juga dapat menyebabkan kehilangan cairan lebih cepat, sehingga penting untuk memperhatikan banyaknya keringat yang keluar dari tubuh. 

 

Jika mengalami diare atau muntah, kamu juga dapat kehilangan cairan lebih cepat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi cukup cairan agar elektrolit di dalam tubuh tetap terjaga dan tidak memengaruhi cara kerja otot dan saraf.

 

2. Memerhatikan Warna Urine

 

Cara lain untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memerhatikan warna urine saat buang air kecil. Warna urine dapat menggambarkan seberapa terhidrasinya tubuh. 

BACA JUGA:Tips Gampang dan Nyaman Mudik Lebaran Tanpa Mabuk Kendaraan

Jika urine berwarna lebih terang, maka tubuh mendapatkan cairan yang cukup. Namun, jika warna urine kuning gelap, itu menandakan bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Sebaiknya segera meningkatkan konsumsi cairan di dalam tubuh.

 

3. Minum Lebih Banyak saat Berolahraga

 

Tubuh membutuhkan lebih banyak cairan saat berolahraga dengan intensitas tinggi atau dalam jangka waktu yang lama. Atlet yang beraktivitas dengan intensitas tinggi dapat kehilangan 10 persen dari berat badannya melalui keringat. Oleh karena itu, minumlah lebih banyak cairan saat berolahraga agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

 

Sumber: