Gempa Mentawai 6,9 Magnitudo Berujung Tsunami Nias Selatan

Gempa Mentawai 6,9 Magnitudo Berujung Tsunami Nias Selatan

Ilustrasi Gempa Mentawai picu Tsunami Nias Selatan--

Gempa Mentawai 6,9 Magnitudo Berujung Tsunami Nias Selatan

RK ONLINE - Bencana alam gempa Mentawai yang berkekuatan 6,9 Magnitudo, Selasa 25 April 2023 berujung Tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa Mentawai 6,9 Magnitudo mengakibatkan Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara dilanda bencana Tsunami.

 

Namun dalam laporan tersebut, BMKG menyebutkan jika Tsunami yang terjadi di Nias Selatan ini hanya berketinggian 11 Cm.

BACA JUGA:Tunda Arus Balik Pemerintah Beri Cuti Tambahan Seluruh ASN,TNI- Polri, Bumn, Pegawai Swasta

"Berdasarkan data tide gauge Stasiun Tanah Bala Nias Selatan, Ada Tsunami yang berhasil teramati dengan ketinggian 11 Cm," terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono yang dilansir Antara, Selasa 25 April 2023.

 

Sebelumnya gempa Mentai ini dilaporkan berkekuatan 7,3 Magnitudo. Namun teranyar data tersebut sudah diperbarui dan menjadi 6,9 Magnitudo.

BACA JUGA:5 Cara Terhindar Lemak Berlebihan Dalam Tubuh Akibat Makan Rendang

Gempa Mentawai ini menurut Daryono, merupakan Megathrust Event. Gempa dirasakan di Siberut, Mentawai, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Padang Gunung Sitoli, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Solok, Bukittinggi, Padang Sidempuan, Labuhan Batu.

 

Gempa Mentawai ini pula yang sebelumnya membuat BMKG secara resmi mengeluarkan peringatan dini tentang potensi Tsaunami Sumatera Utara tepat pukul 03.00 WIB. 

Episentrum gempa berada di 0,93 Lintang Selatan, 98,39 Bujur Timur, 177 Km Barat Laut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 84 Km

Sumber: