Pastikan Sekarang, Ini Golongan Orang Dilarang dan Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadhan! Cek Apa Kamu Termasuk?

Pastikan Sekarang, Ini Golongan Orang Dilarang dan Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadhan! Cek Apa Kamu Termasuk?

Golongan orang yang dilarang dan diperbolehkan meninggalkan ibadah puasa Ramadhan/Foto: ilustrasi berdoa Pixabay--Disway.id

BACA JUGA:Mengejutkan, Penampilan Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid Selepas Jam Kerja Bikin Tercengang!

Sedangkan ukuran satu Fidyah yang harus dibayar adalah setengah Sha’ Kurma atau gandum. Dapat juga diganti beras sebesar 1.5 kg beras.

 

5. Wanita Haid atau Nifas

Beda dengan orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa, wanita yang sedang dalam keadaan Haid atau Nifas malah dengan tegas dilarang untuk menjalankan ibadah puasa ketika bulan suci Ramadhan. Bukan hanya puasa Ramadhan, wanita yang Haid atau Nifas juga dilarang melaksanakan salat. 

 

Wanita yang sedang Haid atau Nifas, dilarang menjalankan ibadah puasa karena tidak memenuhi syarat berpuasa. Tapi wanita yang tidak puasa selama masa Haid atau Nifas tersebut, diwajibkan untuk mengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkannya tersebut dikemudian hari. 

BACA JUGA:PENTING! Pahami 4 Poin Ini Sebelum Ikut Seleksi Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 Badan Pusat Statistik

6. Musafir

Untuk orang yang sedang berada dalam perjalanan jauh atau yang bisa disebut dengan musafir juga masuk golongan orang yang yang diperbolehkan meninggalkan puasa Ramadhan. Hal ini tercantum di dalam Surat Al-Baqarah ayat 185. 

 

Artinya jika seseorang melakukan perjalanan jauh ketika berpuasa, ia diizinkan untuk tidak berpuasa bila kondisinya sedang berat serta menyulitkan. Akan tetapi, orang tersebut tetap diwajibkan untuk mengganti puasanya dikemudian hari.

Sumber: