Pastikan Sekarang, Ini Golongan Orang Dilarang dan Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadhan! Cek Apa Kamu Termasuk?

Pastikan Sekarang, Ini Golongan Orang Dilarang dan Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadhan! Cek Apa Kamu Termasuk?

Golongan orang yang dilarang dan diperbolehkan meninggalkan ibadah puasa Ramadhan/Foto: ilustrasi berdoa Pixabay--Disway.id

RK ONLINE - Berkedudukan sebagai rukun Islam ke 3, melaksanakan puasa Ramadhan tentu menjadi suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim. 

 

Secara umum, puasa Ramadhan tentu menjadi suatu kegiatan ibadah bagi umat muslim yang sudah memenuhi syarat berpuasa dalam bulan suci Ramadhan

 

Artinya dengan demikian, terdapat beberapa golongan orang yang tidak memenuhi syarat sehingga tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Ini 6 Tips dan Trik Agar Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Hari Pertama Ramadhan 2023, Nomor 6 Sangat Berpengaruh

Bahkan selain itu, terdapat juga beberapa golongan orang yang tidak dilarang namun tetap diperbolehkan untuk tidak melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

 

Berikut beberapa golongan orang yang dilarang dan diperbolehkan meninggalkan puasa Ramadhan:

 

1. Anak kecil

Anak kecil dengan usia dibawah 7 tahun, tidak wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan karena belum memasuki usia baligh. Namun untuk anak perempuan, bila ia sudah pernah mengalami haid, hukumnya wajib untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

BACA JUGA:PNS, ASN dan Tenaga Honorer Libur Panjang, Pemerintah Resmi Terbitkan SE Libur Menyambut Ramadhan 2023

Namun akan lebih baik jika didikan puasa dilakukan orang tua terhadap anak-anak sedari kecil. Caranya dengan mengajarkan puasa seperti berbuka ketika Dzuhur atau yang sering disebut dengan puasa bedug. Kemudian di didik secara bertahap sampai ia dapat melaksanakan puasa full layaknya puasa orang dewasa.

Sumber: