Pengangkatan Tenaga Honorer Tanpa Tes, Nadiem: 293 Ribu Tenaga Honorer Guru Sudah Diangkat!

Pengangkatan Tenaga Honorer Tanpa Tes, Nadiem: 293 Ribu Tenaga Honorer Guru Sudah Diangkat!

Pengangkatan tenaga honorer Non ASN, Mendikbud Nadiem menyebutkan 293 ribu tenaga honorer guru sudah diangkat menjadi ASN melalui seleksi PPPK.--Kemendikbud

RK ONLINE - Beriringan dengan rencana penghapusan tenaga honorer Non ASN, kabar tentang pengangkatan tenaga honorer tanpa tes juga ikut ramai diperbincangkan.

 

Berawal dari pembahasan RUU ASN perubahan UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yang dilakukan DPR RI pada tahun 2022 lalu, sampai saat ini isu mengenai pengangkatan tenaga honorer non ASN menjadi PNS atau ASN PPPK masih menjadi bahan perbincangan publik.

BACA JUGA:Geledah Rumah Gusril Fauzi Mantan Bupati Kaur, Polisi Temukan Senjata Api, Kasusnya?

Pasalnya baru-baru ini MenPAN RB Abdullah Azwar Anas menyebutkan jika sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah dituntut melakukan penataan tenaga honorer Non ASN tanpa harus melakukan penghapusan tenaga honorer Non ASN dengan pertimbangan jasa.

 

Sebelumnya tanpa harus mengikuti seleksi CPNS, pemerintah memberikan ruang pengangkatan tenaga honorer Non ASN menjadi ASN melalui perekrutan dan tahapan seleksi PPPK. Opsi pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK ini dilakukan pemerintah, sebagai bagian dari penataan tenaga honorer di dinas instansi pemerintahan. 

 

Bahkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan jika sampai saat ini, lebih dari 293 ribu tenaga honorer Non ASN sudah diangkat menjadi ASN.

BACA JUGA:Penghapusan Tenaga Honorer Non ASN Dibatalkan, Begini Strategi KemenPAN RB Dalam Melakukan Penataan Honorer!

Dengan memprioritaskan tenaga honorer Non ASN, pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN melalui seleksi PPPK ini tentu membuat tenaga honorer memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengikuti seleksi PPPK dan beralih status menjadi ASN.

 

"Lebih dari 293 ribu tenaga honorer guru sudah diangkat menjadi ASN melalui program ASN PPPK yang kita selenggarakan bersama kementerian atau lembaga terkait dan pemerintah daerah," ujar Nadiem.

 

Sumber: