Kuota Nominatif CJH 2023 Belum Keluar

Kuota Nominatif CJH 2023 Belum Keluar

DOK/RK : Kasi Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag--

RK ONLINE - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1444H/2023 M. Dimana regulasi tersebut telah menetapkan kuota bagi masing - masing provinsi, termasuk Provinsi Bengkulu.

 

Pada sebaran daftar haji reguler per provinsi tahun ini Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota sebanyak 1.636. Hanya saja sampai saat ini masing - masing kuota haji nominatif bagi kabupaten dan kota belum diterbitkan. Ini diungkapkan Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, Drs. H. Albahri, M.Si melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Zulfakar Alamsyah, S.Ag pada Jum'at (24/2) kemarin.

 

Dia menjelaskan, terkait informasi daftar nominatif calon jemaah haji tahun 2023 khususnya Kabupaten Kepahiang belum keluar. "Iya, kuota untuk se -Provinsi Bengkulu sudah ditetapkan melalui KMA, namun terkait kuota nominatif CJH tahun 2023 ini khususnya Kabupaten Kepahiang belum keluar. Jadi kami ingatkan kepada CJH untuk lebih bersabar terkait belum keluarnya informasi mengenai kuota nominatif," ucap Zulfakar.

 

BACA JUGA:57 CJH Tidak Perlu Tambah Biaya Haji

 

Lebih lanjut dikatakan Zulfakar, masyarakat diharapkan sabar menunggu sampai dengan kuota CJH tersebut dibagi per kabupaten.

 

"Apabila dari Kanwil dan Dirjen PHU Kemenag RI sudah menetapkan kuota nomonatif (Nama-nama CJH yang berangkat), akan segera kita umumkan. Tujuannya agar setiap CJH bisa bersiap melaksanakan pelunasan BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) tahun 2023, kecuali yang lunas tunda tahun 2020 tanpa tambahan biaya apapun," terang Zulfakar.

 

Disisi lain, sambil menunggu kepastian kuota haji daerah, tambah Zulfakar, pihaknya mengimbau agar para calon jemaah yang prediksinya akan berangkat ke tanah suci tahun ini, untuk menjaga kesehatan fisik dan prima. Terutama rutin melakukan cek kesehatan dan berolahraga, serta makan makanan yang sehat dan bergizi.

 

Sumber: