Viral! Membalik Bacaan Istighfar Video Diduga Ritual Sesat Menghadap Kuburan Kosong Beredar di Sosial Media

Viral! Membalik Bacaan Istighfar Video Diduga Ritual Sesat Menghadap Kuburan Kosong Beredar di Sosial Media

Sekte Aliran Sesat di Indonesia/Foto: Tangkapan layar dari video viral TikTok yang diduga merupakan aliran sesat.--TikTok

"Setelah diinvestigasi dan setelah dikaji, memang tidak ada hal-hal yang masuk kriteria aliran sesat," kata Nur, Kamis 16 Februari 2023.

 

Nur menambahkan, meskipun kegiatan ini tidak termasuk sebagai ritual sesat atau aliran sesat, dirinya memastikan jika apa yang dilakukan kelompok ini sama sekali tidak sesuai dengan kaidah Islam. Hanya saja menurut dirinya, walaupun kegiatan ini berbeda dalam penerapan atau pengajaran islam, MUI tidak bisa langsung menangapi perbedaan itu sebagai aliran sesat atau ritual sesat seperti penilaian banyak masyarakat.

BACA JUGA:Pelaku Curanmor Berbalik Jadi Korban Begal, Begini Cerita Tersangka Pembobolan RSUD II Jalur!

"Setelah tahap investigasi, setelah diteliti, setelah kami terima apa jawaban mereka, ternyata mereka masih meyakini. Mereka tetap bersyahadat, tidak ada yang melenceng dari rukun Islam. Hanya keliru dalam pelaksanaan ritual yang ternyata itu keinginannya sendiri saja," jelas Nur.

 

Meskipun sudah melakukan penelusuran, pengkajian dan investigasi, Nur mengungkapkan kalau pihaknya terus mendalami berbagai hal terkait dugaan ritual sesat ini. Sementara itu, pihak MUI juga belum bisa memastikan seberapa banyak jumlah pengikut dari kegiatan yang diduga sebagai ritual sesat ini.

 

Dari klarifikasi yang mereka terima, Nur mengatakan jika Aliyudin yang menjadi pimpinan kelompok masyarakat ini mengatakan jika ritual itu dilakukannya sebagai upaya untuk mengingat kematian. Tapi menurut Nur, kelompok yang menggelar ritual ini sudah mengakui kalau perbuatan mereka salah. 

 

"Mereka sudah mengakui kesalahannya dan atas kekeliruannya itu. mereka sudah meminta maaf kepada masyarakat," demikian sekretaris MUI Kabupaten Tangerang.

 

BACA JUGA:Biaya Haji Naik Jadi Rp49,8 Juta, Ini Tambahan Biaya Pelunasan Calon Jamaah Haji Sesuai Tahun Pemberangkatan!

Di sisi lainnya Camat Cisoka, Encep Sahayat juga mengatakan sudah mengetahui informasi terkait dugaan ritual sesat ini. Bahkan dia mengatakan jika bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), pihaknya telah bertemu langsung dengan Aliyudin.

 

Sumber: