Waiting List Haji Semakin Panjang, Pemkab Diminta Bergerak

Waiting List Haji Semakin Panjang, Pemkab Diminta Bergerak

DOK/RK : BANYAK : Masyarakat Kabupaten Kepahiang banyak menunaikan ibadah umrah, yang mulai diberangkatkan pascapandemi beberapa waktu lalu.--

Masyarakat Pilih Umrah 

 

RK ONLINE - Antrean keberangkatan haji di Kabupaten Kepahiang semakin panjang. Diketahui, sekarang saja jumlah waiting listnya sudah mencapai 2.376 dengan lama masa tunggu hingga 22 tahun.

 

Mengenai kondisi ini Anggota DPRD Kepahiang, Hj. Dwi Pratiwi, SE menyarankan Pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk berkoordinasi hingga ke pemerintah pusat. Tujuan akhirnya agar ada penambahan kuota pemberangkatan jamaah haji. 

 

 

Terlebih kuota berangkat ke tanah suci dalam setahun terakhir berkurang karena pandemi Covid-19, sehingga terjadi penundaan keberangkatan haji yang menyebabkan semakin menumpuknya daftar tunggu.

 

 

Dikatakan Dwi, sudah seharusnya Kabupaten Kepahiang mendapatkan penambahan kuota haji. Hal itu menurutnya bukan tanpa alasan, mengingat jumlah penduduk Kabupaten Kepahiang yang terus bertambah dan pendaftar haji yang terus meningkat. 

 

 

"Kalau dilihat, sekarang masyarakat Kabupaten Kepahiang banyak yang melaksanakan ibadah umroh. Ini mungkin disebabkan karena masa tunggu haji yang terlalu lama. Kita menyarankan supaya Pemerintah Kabupaten Kepahiang berkoordinasi hingga ke pemerintah pusat melalui kementerian agama, harapannya ada penambahan kuota haji bagi daerah kita," papar Dwi, Selasa (24/1).

Sumber: