Pemprov Bengkulu Bentuk Tim Investigasi Penyebab Banjir

Pemprov Bengkulu Bentuk Tim Investigasi Penyebab Banjir

DOK/RK : BANJIR : Banjir yang melanda wilayah Kota Bengkulu.--

RK ONLINE - Dalam upaya penanggulangan bencana banjir yang rutin terjadi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu membentuk tim investigasi pemantauan dan penelusuran penyebab banjir ke hulu sungai. Tim ini dipimpin Sekda Provinsi Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si dibantu Dinas ESDM, DLHK, BPDAS, BKSDA, Inspektur Tambang dan OPD terkait yang bersinergi dengan Pemkab Bengkulu Tengah. 

 

 

Tim akan memulai penelusuran dari Sungai Rindu Hati hingga ke hulu untuk memantau kondisi aliran sungai terkait sejauh mana aktivitas pertambangan dan perkebunan memberikan dampak terhadap bencana banjir.

 

 

Tim bersama Asisten II Setda Bengkulu, Ir. H Fachriza Razie pada Senin (23/1) lalu langsung bergerak memantau aktivitas Tambang Batubara PT. Ratu Samban Mining dan mengecek Automatic Wethwer Sistem atau pengukuran curah hujan, angin dan suhu di lapangan Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah.

 

 

"Kemarin satu tim seperti Dinas ESDM, DLHK, BPDAS, BKSDA, juga ikut inspektur tambang sebagai pengawas pemilik IUP (izin usaha pertambangan) meninjau langsung di lokasi hulu yakni di Bengkulu tengah yang diperkirakan mungkin sebagai sumber penyebab banjir," kata Fachriza.

 

 

Ia menyebut, tidak hanya satu penyebab banjir namun ada beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan banjir diantaranya curah hujan yang luar biasa tinggi lebih dari biasanya, juga daerah hulu sungai yang kehilangan daerah resapan, penyempitan aliran sungai, dan lainnya.

 

Sumber: