Disparpora Bakal Tambah Jumlah Desa Wisata

Disparpora Bakal Tambah Jumlah Desa Wisata

DOK/RK : WISATA : Inilah wisata camping ground Kuda Mas yang dikembangkan oleh Desa Kota Baru Santan Kecamaan Lebong Atas.--

 

Ia menambahkan dari 27 desa wisata yang sudah terbentuk sebagian besar wisata yang dikembangkan adalah wisata alam sesuai dengan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.

 

 

Desa yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata diharpakan bisa memaksimalkan pengelolaannya. Bisa dilakukan dengan memanfaatkan DD. Contohnya seperti membangun sarana penunjang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Termasuk program pemberdayaan masyarakat sekitar menyiapkan oleh-oleh khas yang dimiliki desa yang bisa merangsang tumbuhnya pelaku UMKM baru. 

 

 

"Dengan ditetapkan sebagai desa wisata, diharapkan bisa memaksimalkan pengelola wisata yang ada di masing-masing desa. Salah satunya dengan menyiapkan pos anggaran tersendiri dalam penggunaan DD untuk mengembangkan sektor wisata, " kata Agus. 

 

 

BACA JUGA:Dampingi Desa Kembangkan Wisata

 

 

Ia memastikan pihaknya akan terus mendorong dan mempromosikan wisata yang dikembangkan oleh masing-masing desa. Dengan catatan kawasan wisata yang dikembangkan itu sudah siap menerima kunjungan wisatawan.

 

Sumber: