Skema Kartu Prakerja 2023 Berubah, Yuk Simak Disini

Skema Kartu Prakerja 2023 Berubah, Yuk Simak Disini

DOK/Net : Ilustrasi Prakerja--

RAKEP ONLINE - Program Kartu Prakerja tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Skemanya, peserta akan belajar secara daring maupu luring. Skema normal ini akan dimulai pada gelombang ke-48 yang akan dibuka mulai tahun ini.

 

Tujuan pelatihan pada skema normal adalah memberikan kesempatan lebih luas bagi para penerima program untuk mengikuti ragam pelatihan dalam rangka peningkatan dan/atau penyesuaian kemampuan. "Untuk pelatihan online, semua pelatihan harus dilakukan secara webinar. Tidak ada lagi yang seluruhnya video," katanya Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Kartu Prakerja Kurniasih Suditomo dilansir CNNIndonesia.com.

 

Sementara itu, Head Kemitraan dan Program Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja (MPPKP) Dwina M. Putri menjelaskan Kartu Prakerja 2023 skema normal akan menyajikan dua alternatif pelatihan.  

 

BACA JUGA:Datangi Kantor KPK, Hercules Berteriak

Selain itu, juga ada perubahan minimal waktu pelatihan per minggu yang semula hanya 6 jam menjadi 15 jam. Ada perbedaan maksimal jam pelatihan antara moda online dan offline. Moda online atau daring dibatasi hanya boleh 3 jam per hari, tidak boleh lebih. Sedangkan moda offline atau luring maksimal 8 jam per hari.

Namun, moda pelatihan secara luring baru akan digelar di 10 kota besar yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk moda online atau daring masih sama seperti sebelumnya, yakni bisa diikuti oleh semua penerima Kartu Prakerja dari seluruh provinsi.

 

 

"Dimulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Pontianak, Makassar, Kupang, dan Jayapura," kata Dwina.

Untuk pelatihan daring bakal menitikberatkan pada webinar dengan waktu 30 menit untuk pengerjaan tugas di akhir sesi. Jumlah peserta maksimalnya adalah 150 orang dengan rasio 1:50 antara tenaga pelatih dengan peserta.

 

Sumber: