Ini Tiga Sektor Penyumbang Terbesar Penyaluran Kredit

Ini Tiga Sektor Penyumbang Terbesar Penyaluran Kredit

DOK/RK : Kepala OJK Provinsi Bengkulu, Tito Adji Siswantoro--

RK ONLINE - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu mencatat hingga November 2022 lalu penyaluran kredit di wilayah ini berdasarkan jenis debitur didominasi tiga sektor non Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Adapun tiga sektor penyumbang kredit terbesar tersebut yakni  sektor pertambangan, pertanian, dan transportasi.

 

 

"Sektor pertambangan, pertanian, dan transportasi mendominasi penyaluran kredit terbesar di Provinsi Bengkulu yaitu sebesar 53,37 persen dari keseluruhan total kredit," kata Kepala OJK  Provinsi Bengkulu, Tito Adji Siswantoro.

 

 

Ia menambahkan, kredit non UMKM tersebut tidak jauh berbeda dengan penyaluran  untuk kredit UMKM yakni sebesar 46,63 persen. Sehingga penyaluran tersebut selisihnya  tidak cukup jauh dari jenis kredit non UMKM, yakni  hanya sebesar 6,74 persen.

 

 

Selain itu, untuk  jumlah kredit bermasalah di debitur UMKM lebih tinggi dibandingkan dengan kredit debitur non UMKM, yaitu sebesar 2,12 persen atau tersembunyi sebesar Rp 258 miliar dari total kredit. Sedangkan jumlah  total jumlah kredit bermasalah untuk debitur non UMKM yaitu sebesar 1,18 persen dari total kredit atau sebesar Rp 163 miliar. 

 

 

"Dengan demikian kita bisa lihat jika  pertumbuhan kredit kepada non UMKM di Provinsi Bengkulu ini cukup baik," sampai Tito.

 

Sumber: