Bansos Dihapuskan? Ini Penjelasan Dinsos

Bansos Dihapuskan? Ini Penjelasan Dinsos

Kadis Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd.--

RK ONLINE - Benarkah beberapa jenis Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah akan dihapuskan tahun 2023 ini? Lantaran pandemi Covid-19 sudah dianggap melandai secara menyeluruh di setiap daerah di Indonesia bahkan di negara-negara lain.

 

 

Sejauh ini belum ada kepastian dari informasi tersebut. Bahkan menurut Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang, sampai dengan saat ini belum ada petunjuk apapun dari pihak Kementerian Sosial (Kemensos) RI terkait penyaluran Bansos pada tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinsos Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd melalui Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Rizal Aswanda, S.IP, MAP, Selasa (10/1). 

 

 

Diterangkan Rizal, mengenai informasi penghapusan beberapa jenis Bansos di tahun 2023 ini pihaknya belum dapat menjelaskan secara rinci apalagi untuk memastikannya.

 

 

 

"Kami belum menerima petunjuk apapun dari Kemensos terkait penyaluran Bansos. Soal informasi ada penghapusan kita belum mengetahui, tapi berkaca dari tahun-tahun sebelumnya penyaluran Bansos perdana biasanya dilaksanakan pada bulan Maret," kata Rizal. 

 

 

Meski demikian, Rizal menuturkan bahwa Bansos yang bersumber dari pemerintah pusat dipastikan penyalurannya langsung ke masing-masing masyarakat penerima manfaat. Sementara untuk Bansos yang bersumber dari APBD Kepahiang, dipastikan pula oleh Rizal, untuk tahun ini tidak tersedia.

Sumber: