DLHK Sebut Pengelolaan Sampah PR Bersama

DLHK Sebut Pengelolaan Sampah PR Bersama

DOK/RK : Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, Safnizar, S.Hut--

RK ONLINE - Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, Safnizar, S.Hut mengatakan pengelolaan sampah merupakan pekerjaan rumah (PR) bersama semua pihak. 

 

 

"Persoalan sampah, pilah pilih sampah apalagi sampai memanfaatkan sampah itu kembali sehingga menjadi zero west itu PR kita bersama," katanya, Selasa (10/1).

 

 

Ia menyebut, permasalahan sampah yang terus terjadi saat ini tidak bisa mengandalkan pemerintah saja, namun butuh kesadaran bersama terutama dalam membentuk kebiasaan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya atau mengolah dan memilah sampah.

 

 

"Kalau seandainya ingin kita tangani semuanya oleh pemerintah itu high cost. Jadi memang kesadaran masyarakat ini memang persoalannya, karena kalau kita lihat kan yang buang sampah itu masyarakat ya, terutama rumah tangga dari hulunya yang itu memang belum menerapkan membuang sampah pada tempatnya atau memilah dan memanfaatkan sampah," papar Safnizar. 

 

 

Pihaknya sendiri pada tahun 2022 lalu telah menggandeng kelurahan-kelurahan untuk melakukan pilah-pilih sampah untuk mengatasi persoalan dan mengurangi intensitas sampah. Namun ternyata efeknya belum sampai begitu meluas karena untuk daerah kota Bengkulu saja belum optimal. 

 

Sumber: