5 Masjid Batal Terima Hibah

5 Masjid Batal Terima Hibah

DOK/RK : Kepala Biro (Karo) Pamkesra Provinsi Bengkulu, Syarifuddin, S.Sos, M.Si--

RK ONLINE - Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Pemkesra) Setprov Bengkulu telah menyalurkan dana hibah keagamaan tahun 2022. Totalnya Rp 17 miliar dengan sasaran 209 masjid dan 40 organisasi  keagamaan dan non keagamaan penerima hibah.

 

Kepala Biro (Karo) Pamkesra Provinsi Bengkulu, Syarifuddin, S.Sos, M.Si, mengatakan, dana hibah yang dianggarkan untuk 209 masjid hanya dicairkan terhadap 204 masjid saja. Sementara 5 masjid lainnya batal menerima bantuan lantaran sudah mendapatkan alokasi bantuan dana hibah dari pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Sehingga bantuan tidak diberikan agar tidak tumpang tindih.

 

"Dari proposal yang kita  terima dan berdasarkan hasil konfirmasi kami untuk 5 masjid sudah mendapatkan di tahun yang sama dari APBD kabupaten/kota. Agar sumber pembiayaan ini tidak tumbang tindih kami memutuskan untuk tidak dicairkan," ungkap Syarifuddin.

 

BACA JUGA:2023, Usulan Hibah Lewat Aplikasi

 

Ia menambahkan, 5 masjid yang dibatalkan ini tersisa anggaran sebesar Rp 296 juta yang digunakan untuk hibah keagamaan tahun 2023. Di Provinsi Bengkulu tercatat ada sekitar 4 ribu masjid, sehingga dalam pemberian bantuan hibah keagamaan akan dilakukan secara bertahap dengan sasaran sekitar 200 hingga 300 masjid setiap tahunnya. Sementara untuk tahun 2023 ini pihaknya telah menerima proposal pengajuan hibah sebanyak 300 proposal.

 

"Untuk tiga ratus masjid ini sudah kita verifikasi dan sudah dianggarkan. Insyaallah kami berjuang dan berusaha supaya bisa disalurkan sebelum ramadhan," pungkasnya.

Sumber: