Kapus Embung Ijuk Wajib Lepaskan Jabatan

Kapus Embung Ijuk Wajib Lepaskan Jabatan

Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd--

Melihat dari aturan di atas, ASN yang menjadi Kades tetap mendapatkan gajinya selaku ASN. Hanya saja tidak mendapatkan gaji selaku Kades, dia hanya mendapatkan tunjangan saja. "Bu Dina, sudah mengikuti aturan yang berlaku. Terkait gaji, dia hanya mendapatkan gaji pokok saja selaku ASN, sementara dalam jabatan Kades, dia hanya mendapatkan tunjangan saja," pungkas Very.

 

 

Dilantik Akhir Bulan Ini

Pascapelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Embung Ijuk Kecamatan Bermani Ilir, Selasa (13/12) lalu, hingga Rabu (14/12) kemarin Dinas Permberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang masih menunggu laporannya dari panitia Pilkades melalui pihak kecamatan.

 

Dinas PMD Kabupaten Kepahiang menjadwalkan pelantikan Kades terpilih, Dina Haryanti, S.Kep dilaksanakan akhir Desember ini, sehingga yang bersangkutan bisa langsung menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Ini disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH melalui Kepala Bidang Pembinaan Pemerintah Desa, Very Susanto, S.Sos. Sementara, kepolisian memastikan sudah menghentikan penyelidikan kericuhan yang sempat terjadi saat pencoblosan berlangsung.

 

"Tinggal menunggu dokumen hasil Pilkades PAW dari panitia melalui pihak kecamatan. Dokumen hasil Pilkades PAW itu nanti menjadi dasar kita mengajukan penerbitan Surat Keputusan (SK) kepada pak Bupati. Untuk pelaksanaan Pilkadesnya, alhamdulillah berjalan lancar walaupun ada sedikit kesalahpahaman," sampai Very.

 

Jika dokumen pelaksanaan Pilkades sudah diterima pihaknya, sambung Very, selanjutnya akan dilaksanakan penerbitan SK oleh bupati. Kemudian menyusun pelantikan Kades terpilih yang diwacanakan akhir Desember ini.

 

"Setelah dokumenya kita terima, akan dibuat SK- nya, diajukan kepada pak bupati. SK- nya terbit, kita langsung menyusun agenda pelantikan. Sehingga Kades terpilih dapat segera menjalankan tugasnya. Apalagi mendekati awal tahun banyak tugas yang sudah menanti," demikian Very.

 

Sekedar mengulas, pelaksanaan Pilkades PAW Desa Embung Ijuk sempat ricuh. Kericuhan ditenggarai terjadi karena ada warga setempat yang membawa Kartu Keluarga (KK) mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) ingin mencoblos.

Sumber: