Jumlah Penduduk, Pengaruhi Dapil dan Jumlah Kursi DPRD

Jumlah Penduduk, Pengaruhi Dapil dan Jumlah Kursi DPRD

DOK/RK : SAMPAIKAN : KPU Kabupaten Kepahiang menyampaikan rancangan penataan Dapil dan jumlah kursi DPRD Kepahiang untuk Pemilu 2024, Rabu (14/12).--

RK ONLINE - Jumlah penduduk di Kabupaten Kepahiang menjadi salah satu indikator penentuan total Daerah Pemilihan (Dapil) dan jumlah alokasi kursi DPRD Kabupaten Kepahiang.

 

Berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang diterima KPU Kabupaten Kepahiang belum lama ini, jumlah penduduk di Kabupaten Kepahiang sebanyak 153.232 Jiwa tersebar yang di 8 kecamatan. Ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos. I, M.Pd, Rabu (14/12) kemarin.

 

Dijelaskan Supran, rincian jumlah penduduk di Kabupaten Kepahiang, yakni di Kecamatan Kepahiang 52.040 jiwa, di Kecamatan Ujan Mas 24.303 jiwa, di Kecamatan Merigi 11.733 jiwa, Kecamatan Bermani Ilir 15.566 jiwa, Kecamatan Muara Kemumu 12.637, Kecamatan Tebat Karai 15.285 jiwa, Kecamatan Kabawetan 13.538 jiwa dan Kecamatan Seberang Musi 8.130 jiwa.

 

"Dengan jumlah penduduk tersebut, sesuai dengan aturan yang berlaku jumlah kursi DPRD Kepahiang sebanyak 25 kursi. Selanjutnya, dengan jumlah penduduk Kabupaten Kepahiang setiap kecamatan tersebut sehingga terdapat IV Dapil di Kabupaten Kepahiang," jelas Supran dalam acara Uji Publik II rancangan penataan Dapil di Kabupaten Kepahiang.

 

Dengan kondisi jumlah penduduk di atas dan tersebar di masing - masing kecamatan dalam Kabupaten Kepahiang, sehingga Dapil di Kabupaten Kepahiang untuk Pemilu 2024 tidak ada perubahan dan sama dengan Pileg 2019 lalu. Begitu juga dengan jumlah alokasi kursi keseluruhan maupun di masing - masing Dapil di Kabupaten Kepahiang.

 

BACA JUGA:Dapil dan Kursi DPRD Masih Sama

 

"Intinya dalam penataan Dapil dan jumlah alokasi kursi DPRD Kepahiang acuan utama kita adalah jumlah penduduk. Jika jumlah penduduk signifikan bertambah dari tahun ke tahunnya, bisa saja ke depan Dapil dan jumlah kursi DPRD Kepahiang akan bertambah," demikian Supran.

 

Sumber: