Kasihan, Warga Warung Pojok Melahirkan di Jalan

Kasihan, Warga Warung Pojok Melahirkan di Jalan

Ilustrasi melahirkan di jalan yang dialami ibu hamil asal Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu.--

Terkait warganya yang sempat melahirkan di jalan dalam perjalanan menuju RSUD Kepahiang, Sopian mengaku sangat prihatin. Sebab menurutnya kondisi demikian tentu tidak akan terjadi jika desa mereka sudah memiliki SDM kesehatan atau tenaga medis seperti bidan desa.

 

"Coba kalau ada bidan desa bisa dibantu lahirannya oleh bidan desa. Lagi pula kalau ada bidan desa, ibu-ibu yang sedang hamil bisa rutin mengecek kandungannya. Karena untuk pergi ke Puskesmas Batu Bandung juga jarak tempuhnya sangat jauh. Sebab jarak antara Desa Warung Pojok dengan Desa Batu Bandung mencapai 60 Kilometer," sesal Sopian. 

BACA JUGA:HKG PKK ke-50, Bupati: TP-PKK Berperan Penting Dalam Pembangunan Daerah

Menurutnya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan di masa yang akan datang, sekarang ini Desa Warung Pojok sudah memiliki lahan untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu). 

 

"Lahannya dari hibah masyarakat. Jadi tolong, Pemkab Kepahiang bangunkan Pustu di desa kami. Supaya tidak ada lagi masyarakat saya yang melahirkan di jalan. Termasuk hal-hal yang tidak diinginkan lainnya yang disebabkan minimnya sarana atau pelayanan kesehatan," harap Sopian.

Sumber: