Rejang Lebong Segera Tetapkan 40 Kampung KB Baru

Rejang Lebong Segera Tetapkan 40 Kampung KB Baru

DOK/RK : Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Rejang Lebong, Zulfan Efendi, S.Sos--

RK ONLINE - Tahun ini, Pemkab Rejang Lebong berencana akan menambah Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) baru dengan menetapkan sebanyak 40 desa/kelurahan sebagai Kampung KB. Penetapan tersebut rencananya akan dilakukan pada pertengahan Desember ini.

 

"Dalam waktu dekat ini kami akan menetapkan 40 Kampung KB baru, sebelumnya ini merupakan Kampung Keluarga Berencana," Kepala Dinas DP3APPKB Rejang Lebong Zulfan Efendi.

 

Ia mengatakan pembentukan Kampung KB di Rejang Lebong dilakukan secara bertahap sejak 2017 hingga 2020 lalu. Sejauh ini sudah terbentuk sebanyak 26 Kampung KB yang tersebar di beberapa kecamatan.

 

Dengan adanya penambahan Kampung KB baru sebanyak 40, maka jumlahnya akan menjadi 66 Kampung KB. Sementara sisanya, 90 desa/kelurahan lainnya ditargetkan 2023 nanti sudah terbentuk.

 

"Kampung KB tersebut merupakan satuan wilayah setingkat desa dan kelurahan yang di dalamnya ada keterpaduan penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga guna meningkatkan kualitas SDM, keluarga maupun masyarakat, " jelasnya.

 

BACA JUGA:Cegah Stunting, DP3APPKB Dapat Bantuan Rp 700 Juta

 

Kampung KB yang sudah terbentuk memiliki beberapa kelompok kerja (pokja) sesuai dengan delapan fungsi keluarga. Diantaranya fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan.

 

Sumber: