Musim Penghujan, Wilayah Rawan Banjir Diminta Waspada

Musim Penghujan, Wilayah Rawan Banjir Diminta Waspada

DOK/RK : Banjir yang melanda Kota Bengkulu beberapa waktu lalu--

RK ONLINE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu menyebut saat ini masih berada di musim penghujan, dengan prakiraan cuaca masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang setiap waktu.

 

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu menghimbau masyarakat agar tetap waspada, terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir. 

 

Adapun daerah yang rawan banjir di Kota Bengkulu yakni kawasan Rawa Makmur, Korpri, Tanjung Agung dan lainnya. Kawasan ini rutin diterjang banjir saat hujan turun dalam jangka waktu tertentu, atau diakibatkan adanya banjir kiriman akibat adanya hujan dibagian hulu sungai.

 

"Sehubungan informasi yang kita dapatkan dari BMKG kemungkinan cuaca ekstrem ini masih akan terjadi beberapa hari ke depan. Untuk itu, kami minta masyarakat selalu waspada akan kemungkinan terjadinya banjir dan angin kencang," kata Will Hopi.

 

BACA JUGA:Daerah Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

 

BPBD juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu siaga menyelamatkan barang-barang berharga masing-masing, apalagi di daerah rawan banjir. Sehingga jika sewaktu-waktu banjir menejang tidak mengalami kerugian yang besar. 

 

 

Will Hopi menambahkan, dalam hal evakuasi pihaknya memberikan tawaran bantuan evakuasi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut. Masyarakat dapat segera memberitahukan kepada pihaknya atau dinas terkait jika ingin melakukan evakuasi.

Sumber: